Tiga Event Pariwisata Sukses Digelar, Perputaran Uang Capai 1,9 Milyar -->

Iklan Atas

Tiga Event Pariwisata Sukses Digelar, Perputaran Uang Capai 1,9 Milyar

Jumat, 08 Juli 2022

 

Pelaku Kuliner dalam event Pesona Pariangan Nagari Terindah beberapa waktu lalu


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Program Unggulan (Progul) Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Satu Nagari Satu Event sesuai dengan target yang diharapkan. Dari 14 event yang direncanakan selama tahun 2022 telah terlaksana tiga event. 


Tiga event itu yakni, Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh di Nagari Andaleh Baruh Bukit Kecamatan Sungayang, Aua Sarumpun Geopark Festival di Nagari III Koto Kecamatan Rambatan, dan Pesona Pariangan Nagari Terindah di Nagari Tuo Pariangan Kecamatan Pariangan.


"Dari tiga event yang telah digelar tersebut, telah terjadi perputaran uang sebesar Rp1.950.000.000 dengan jumlah pengujung 26.500 orang, pengunjung dan transaksi terbanyak terjadi pada event Pesona Pariangan Nagari Terindah, yaitu 7000 orang pengunjung dan transaksi Rp1.200.000.000," kata Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Agung Indrianto, Jumat (8/7). 


Berdasarkan hal tersebut Kadis Parpora Agung sampaikan, Pemkab Tanah Datar akan terus mengembangkan dan melaksanakan Progul Satu Nagari Satu Event. "Untuk tahun 2022 baru ada 14 Nagari, untuk tahun 2023 akan kita tingkatkan menjadi 50 Nagari dan pada tahun 2024, ditargetkan 75 Nagari, yang akan melaksanakan Satu Nagari Satu Event," katanya.


Dijelaskannya, Pelaksanaan Satu Nagari Satu Event salah satu bentuk perwujudan pariwisata berbasis masyarakat, karena masyarakat langsung yang melaksanakan event tersebut.


"Melalui pelaksanaan event wisata di Nagari juga diharapkan akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di Nagari, klub olahraga Nagari, UMKM, serta meningkatnya kunjungan wisatawan ke Nagari dan akhirnya terjadinya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," tukas Agung. 


Agung tambahkan, agar pelaksanaan Satu Nagari Satu Event lebih profesional dan mempunyai nilai jual, Pemkab Tanah Datar pada tahun 2022 juga membantu anggaran untuk pelaksanaan event sebesar Rp.50 juta per Nagari, yang ditranfer langsung ke Pokdarwis.


Hal tersebut, salah satu tanda komitmen dan dukungan Pemkab Tanah Datar, dalam melestarikan dan memajukan budaya daerah Tanah Datar, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Pemda terus mendukung dalam upaya melestarikan dan memajukan budaya di daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Datar," pungkas Kadis Agung. (*/F12)