TMMD ke 114 Tahun 2022 di Nagari Batu Bulek Dibuka Gubernur Sumbar -->

Iklan Atas

TMMD ke 114 Tahun 2022 di Nagari Batu Bulek Dibuka Gubernur Sumbar

Selasa, 26 Juli 2022

Pelaksanaan TMMD ke 114 di Nagari Batu Bulek, Lintau Buo Utara

 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 tahun 2022 di wilayah Kodim 0307 Tanah Datar, bakal dilaksanakan di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, resmi dibuka Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Selasa (26/7/22). 


Upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan bola kaki Cubadak Randah, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, dan turut dihadiri Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Yosep Tanada Sidabutar, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Wakil Bupati Richi Aprian, Sekda Iqbal Ramadi Payana, Dandim 0307/TD Letnan Kolonel Czi Sutrisno, Forkopimda Tanah Datar, Wakil Ketua TP PKK Tanah Datar, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari dan undangan lainnya. 


Dikatakan Mahyeldi, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota sangat mendukung pelaksanaan TMMD, karena merupakan program kerjasama dan sinergitas berbagai lembaga pemerintahan, ataupun non pemerintahan untuk membangun Nagari. 


"Kegiatan TMMD diwarnai dengan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik ataupun non fisik yang dibutuhkan masyarakat, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dan meningkatkan taraf kehidupan, khususnya di lokasi pelaksanaan TMMD," katanya. 


Ditambahkan Mahyeldi, TMMD merupakan program yang mengupayakan pemberdayaan masyarakat Nagari bersama TNI, dalam membangun ataupun merevitalisasi sarana dan prasarana umum di Nagari atau Desa.


"Pelaksanaan TMMD dapat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat dan membantu pemerintah daerah, serta meningkatkan ketahanan daerah dan membantu ketahanan negara dan wilayah, serta untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," sampai Gubernur. 


Sebelumnya Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi Sutrisno menyampaikan, pelaksanaan pra TMMD telah dilaksanakan 6 Juni sampai 25 Juli dan pelaksanaan TMMD dilaksanakan dari 26 Juli sampai 24 Agustus 2022, di Nagari Batu Bulek. 


"Kita melibatkan 150 orang satgas dan 40 orang masyarakat setiap hari, untuk pembukaan jalan baru sepanjang 4.100 meter lebar 8 meter, pembuatan irigasi sepanjang 200 meter dan untuk Rumah Tangga Layak Huni sebanyak 3 unit, serta berbagai kegiatan penyuluhan, dengan total anggaran sebesar Rp.1.475.500.000, yang merupakan dari APBD Kabupaten Tanah Datar Rp.1 Miliar dan sisanya dari Mabes TNI," sampainya. 


Dandim Sutrisno menambahkan, TMMD bertujuan membantu secara langsung Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat. 


"Di samping membantu masyarakat di lokasi TMMD, kegiatan ini juga untuk memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan menciptakan suasana kondusif, sehingga tercipta stabilitas keamanan yang mantap," ujar Dandim. 


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra selepas upacara, menyampaikan ucapan terima kasih telah memilih Tanah Datar menjadi salah satu lokasi pelaksanaan TMMD dan akan mendukung penuh kegiatan ini. 


"Terima kasih kepada TNI telah memilih lokasi di sini dan juga kepada Pemerintah Provinsi, yang telah ikut serta memberikan bantuan untuk dilaksanakan di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara ini. Pemkab Tanah Datar sangat mendukung pelaksanaan TMMD ini," kata Eka Putra.


Bupati juga menyampaikan terima kasih, karena dalam kegiatan ini banyak bantuan yang diberikan donatur maupun dari Pemerintah Provinsi, seperti bantuan 645 zak semen, 25.000 bibit ikan nila bersama 825 kg pakan ikan serta 10 bungkus vitamin C, bantuan Al Qur'an, 600 batang bibit sukun serta 500 batang bibit tanaman durian, mangga dan manggis.


"Terima kasih, semoga dengan adanya kegiatan TMMD di Nagari Batu Bulek, dengan berbagai bantuan fisik maupun pelaksanaan kegiatan non fisik bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat ke depannya," tutup Bupati. (*/F12)