UPTD Keswan Pastikan Kelayakan Sapi Kurban di Kota Gorontalo -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

UPTD Keswan Pastikan Kelayakan Sapi Kurban di Kota Gorontalo

Minggu, 03 Juli 2022
Seorang dokter hewan melakukan pemantauan dan pendataan sapi yang dijual untuk hewan kurban di Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat



GORONTALO  - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Hewan dan Rumah Potong Hewan Kota Gorontalo bersama Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Kota Gorontalo. Pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan untuk memastikan kelayakan sapi kurban yang dijual oleh para pedagang untuk perayaan Idul Adha nanti.


"Sekarang ini kita dalam rangka pemeriksaan ini persiapan hewan kurban, terus yang kita lakukan ini seperti pemeriksaan antemortem, umur, kesehatan," ucap Kepala UPTD Keswan dan RTH Kota Gorontalo, Saira Maliki di Gorontalo, Sabtu (2/7/2022


Saira mengatakan pihaknya mendatangi berbagai lokasi yang menjual hewan kurban untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.


Pemeriksaan kesehatan sapi terdiri dari tanduk, kulit, gigi, hidung dan usia yang cukup, atau di atas dua tahun, sebagaimana dikutip iNews.id.


Saira menegaskan bahwa, hingga Idul Adha nanti, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban agar masyarakat dapat berkurban dengan nyaman dan mendapat hewan yang layak dan sehat.


Sementara itu, salah seorang pedagang sapi kurban Idris Akase mengatakan jika semua sapi kurban yang dijual olehnya dinyatakan sehat oleh tim kesehatan hewan.


"Sapi sehat semua, ada 22 ekor," ucap Idris.


Ia menambahkan, adanya Penyakit Mulut dan Kuku yang terjadi di daerah lain di Indonesia, tidak berdampak di Kota Gorontalo, karena kasus positif PMK belum ditemukan di sana.(*)