Wali Kota Payakumbuh Motivasi Latifah Hanum Berkuliah ke Turki -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wali Kota Payakumbuh Motivasi Latifah Hanum Berkuliah ke Turki

Selasa, 12 Juli 2022
Riza Falepi 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan Wali Kota Payakumbuh, sekira pukul 11 siang Lurah Ompang Tanah Sirah (OTS), Majri didampingi tokoh pemuda hadir bersama Latifah Hanum di ruang kerja Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.


Latifah Hanum adalah warga RT II RW II Balai Betung kelurahan OTS yang lolos untuk berkuliah di Bartin University Turkey. Namun, untuk berkuliah di luar negeri tentunya butuh dana yang tidak sedikit. Terkait kekurangan dana tersebut, pemerintah kelurahan OTS mencoba mencarikan solusi. Salah satunya, mengadu kepada Wali Kota Payakumbuh, selaku pemilik warga.


Kepada Wali Kota, Senin(11/07/2022) pagi, Latifah Hanum menceritakan kondisi lulusnya dirinya pada jurusan Ilahiyat di Bartin University Turkey. Latifah Hanum adalah alumni MTsN 2 Payakumbuh yang baru menamatkan pendidikan di MAN 1 Payakumbuh, tahun ajaran 2021/2022 ini. Panjang lebar kondisi yang dipaparkan Latifah Hanum kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi  termasuk kondisi ekonomi keluarga.

Berita terkait:

https://padek.jawapos.com/sumbar/27/06/2022/lulus-kuliah-ke-turki-pelajar-man-1-payakumbuh-terbentur-biaya/

Sedangkan, Lurah OTS Majri kepada Wali Kota melaporkan bentuk tindakan yang sudah dimulai dilaksanakan sesuai kewenangan. Mulai dari memfasilitasi administrasi proposal untuk disebarkan kepada donatur. Selain itu  Lurah Majri berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, termasuk penggalangan dana di kelurahan, dan para donatur. Namun, dana pangkal untuk berkuliah di Turki bagi Latifah masih kurang.


Usai mendengar paparan Latifah dan Lurah Majri, Wali Kota Payakumbuh 2 periode yang kaya penghargaan dan sudah pernah ke Turki ini, mencoba membrowsing Bartin University Turkey dengan android pribadinya.


"Belajar di Turki sangat bagus. Di Bartin adalah pusat pendidikan dan pariwisata. Kampus Bartin University Turkey, gerbangnya saja megah,"ucap Riza Falepi sembari mencocokkan proposal dengan hasil browsing di androidnya.


Kesempatan itu, Riza Falepi sempat bercerita saat kunjung kerjanya ke Denmark yang transit di salah satu bandara di Turki. Dirinya sempat menggambarkan kondisi Turki kepada Latifah.


Kita sangat bangga ananda lulus kuliah di Turki. Belajar disana dengan baik dan serius. Semoga pulangnya membawa bekal bermanfaat untuk diri, keluarga dan Payakumbuh, terutama bagi kejayaan islam. Atas nama Payakumbuh, kami restui ananda Latifah Hanum menjalani pendidikan islam di Turki. Insya Allah, kita dukung bersama hingga berangkat ke Turki. Pandailah menjaga diri, utamakan niat lillahi taala,"pesan Riza Falepi sembari menyerahkan donasi pendidikan kepada Latifah Hanum disaksikan Lurah OTS.(ul)