Xiaomi Gunakan Sensor Kamera Sony Terbaru untuk Tingkatkan Kecanggihan Gawainya -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Xiaomi Gunakan Sensor Kamera Sony Terbaru untuk Tingkatkan Kecanggihan Gawainya

maifil
Selasa, 12 Juli 2022
.


JAKARTA - Anda membutuhkan gawai yang memiliki kamera yang mumpuni? Di era swafoto dan video ini,  kecanggihan kamera memang menjadi sebuah pertimbangan orang memilih gawai.


Pertimbangan ini pula yang membuat Xiaomi berupaya meningkatkan performa kamera di  gawai besutannya. Meski pun Xioami tidak memiliki teknologi kamera sendiri, namun untuk memperkuat image produk dan memuaskan pelanggannya, Xiaomi menanam teknlogi sensor kamera milik Sony, yang memang sudah diakui keunggulannya dalam teknologi kamera ini.


Salah satu yang akan diluncurkan ke publik dalam waktu dekat adalah Xiaomi 12S Ultra. Gawai ini menggunakan kamera utama yang ditenagai oleh sensor kamera Sony IMX989 ukuran 1 inci.


Sebelumnya, besutan Sony Xperia PRO-I dan beberapa lainnya yang juga  telah menggunakan sensor dengan ukuran yang sama. Namun, IMX989 yang dipasang Xiaomi ini adalah sensor terbaru yang memang dirancang khusus untuk gawai pintar.


"Kami baru-baru ini menyebut Xiaomi 12 Pro sebagai salah satu ponsel kamera terbaik tahun 2022, jadi Anda harus memperhatikan gawai yang akan segera meluncur," tulis Hubert Nguyen dalam Blog Ubergizmo, baru-baru ini.


Dijelaskan Nguyen, sebelumnya, Xperia PRO-I menggunakan turunan dari kamera ini, namun hanya memiliki sensor 1 inci yang awalnya dirancang untuk kamera Sony RX100 VII yang terkenal  tangguh.


"Xperia PRO-I tidak sepenuhnya memanfaatkan permukaan sensor (mungkin karena ukuran optik dan batasan kedalamannya). Sayangnya, tidak ada gunanya memiliki sensor besar jika Anda hanya hanya menggunakan kamera berkemampuan 12MP bukan 24MP," tambahnya.


Tentu, dengan kemampuan 12MP sangat efektif memiliki ukuran piksel yang bagus dan fitur sensor secara keseluruhan, tetapi dari sudut pandang semikonduktor, banyak area chip yang terbuang sia-sia.


Dan itulah, kata Nguyen, menyebabkan perkembangan ukuran sensor kamera ponsel agak mengalami stagnasi dalam satu tahun terakhir.(*)