Bendera Raksasa Berkibar di Bukit Tui -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bendera Raksasa Berkibar di Bukit Tui

Kamis, 18 Agustus 2022
Bendera Merah Putih raksasa berukuran 18 x 15 meter ketika akan dikibarkan di Bukit Tui, Rabu (17/8).


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Untuk ke enam kalinya berturut-turut  bendera Merah Putih raksasa berukuran 18 x15 dikibarkan di lereng Bukit Tui. Kali ini dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77.


Siswa pecinta alam yang berasal dari SMAN 2 Padang Panjang tergabung di dalamnya guru dan juga ada yang dari sekolah lain  mengibarkan bendera raksasa tersebut. "Pelaksanaan upacaranya sama dengan upacara di sekolah. Lengkap dengan amanat dari pembina upacara. 


Pengibaran bendera raksasa itu dilaksanalan tepat  pukul 09.45 WIB.  "Acara dilanjutkan makan bersama dan sorenya kembali ke melaksanakan upacara penurunan bendera," ujar Sofyan, M.Pd, Wakil Kepala Bagian Kesiswaan SMAN 2 Padang Panjang, Rabu (17/8).


Sofyan mengatakan, ini merupakan pengibaran yang memasuki tahun ke-6, dan belum pernah terputus meskipun ada Covid-19 dalam dua tahun terakhir.


"Alhamdulillah tahun ini kami kembali mengibarkan bendera raksasa di Bukit Tui. Tidak pernah terputus sampai saat ini, dan kami pun sudah mendapatkan izin dari pihak kepolisian," jelasnya.


Dijelaskan pengibaran bendera ini terlaksana karena sebelumnya siswa nonton bareng film dokumenter tentang perjuangan di sekolah. Usai menonton tersebut timbul ide untuk melaksanakan upacara di Bukit Tui.


Kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya untuk peringatan HUT RI saja, jugs menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda melalui Sispala. 


Siswa merasa tertantang bagaimana mengibarkan bendera ukuran raksasa 18 x15 di daerah kemiringan Bukit Tui. Hasilnya mereka rasakan setelah melaksanakannya hari ini.


Sofyan berharap ke depan siswa tetap bisa berkreasi apapun hobi mereka, tanpa menghilangkan rasa nasionalisme. Mudah-mudahan semakin banyak siswa sekolah lain yang bergabung.


Sofyan juga menyampaikan, pendanaan kegiatan ini berasal dari kas Sispala dan dari sekolah. (syam)