BUMNag Nagari Barulak Dinilai Tim Provinsi -->

Iklan Atas

BUMNag Nagari Barulak Dinilai Tim Provinsi

Rabu, 31 Agustus 2022

Tim penilaian BUMNag Berprestasi tingkat Provinsi foto bersama dengan BUMNag Nagari Barulak

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Tim penilai Badan Usaha Miliki Nagari (BUMNag) Provinsi Sumatera Barat kunjungi Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar dalam rangka penilaian lomba BUMNag Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2022, Selasa (30/8/22).


Tim penilai yang diketuai Merlinda Agustini dari Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat disambut Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar didampingi Kadis PMDPPKB Tanah Datar Drs. Nofenril. Juga dihadiri, Sekretaris Dinas Kominfo Lovely Harman, Camat Tanjung Baru beserta Forkopimca, BPRN Nagari Barulak dan undangan lainnya.


Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tanah Datar, mengucapkan selamat datang di Nagari Barulak kepada saudara tim penilai BUMNag Berprestasi, tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022.


"Kedatangan tim penilai sangat kami nantikan, dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat Tanah Datar, khususnya pengurus BUMNag Wahana Karya Mandiri dalam pengembangan kedepannya," katanya.


Elizar mengatakan, BUMNag Wahana Karya Mandiri Nagari Barulak merupakan salah satu BUMNag, yang cukup eksis di Kabupaten Tanah Datar dengan beberapa unit usaha. Selama dua tahun terakhir BUMNag Wahana Karya Mandiri telah memberikan pendapatan bagi Nagari Barulak dan telah dirasakan keberadaanya bagi masyarakat. 


"BUMNag Wahana Karya Mandiri juga ikut mengambil peran dalam mendukung program unggulan pemerintah daerah yaitunya menciptakan wirausahawan baru dan lapangan kerja," ujar Elizar. 


Elizar sampaikan, melihat prestasi dan kinerja tersebut, sehingga BUMNag Wahana Karya Mandiri dipilih mewakili Kabupaten Tanah Datar, dalam mengikuti lomba BUMNag Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022.


"Alhamdulillah BUMNag Wahana Karya Mandiri, mampu mengemban amanah yang telah kami berikan, dengan masuk sebagai nominasi 6 besar BUMNag Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022," ujarnya.


Elizar juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan Nagari Barulak, yang selalu memberikan suport kepada BUMNag Wahana Karya Mandiri untuk selalu berkembang, hingga meraih prestasi menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten, dan mewakili Kabupaten Tanah Datar di tingkat Provinsi.


Sementara itu, ketua tim penilai Merlinda Agustini katakan, adanya BUMNag akan meningkatkan pendapatan di Nagari, oleh karena itu Nagari didorong untuk mendirikan BUMNag. "Diharapkan keberadaan BUMNag mampu mendorong peningkatan ekonomi, serta mengembangkan kewirausahaan masyarakat. Peran Nagari adalah membangun relasi dengan msayarakat untuk mewujudkannya," katanya.


Sedangkan, Ketua BUMNag Wahana Karya Mandiri Alges Wahyuni Saputra menyampaikan, BUMNag mulai digagas pada tahun 2016, berdasarkan Perbup No. 5 tahun 2016, dan baru terwujud setelah keluarnya peraturan Wali Nagari Barulak No. 2 tahun 2017.


Hingga saat ini BUMNag Wahana Karya Mandiri sudah memiliki beberapa unit usaha, diantaranya unit usaha saprotan (sarana produksi pertanian), advertising, ayam boiler, BMT (Baitul Mal wat Tamwil), sewa molen cor, Brilink dan pengolahan sampah. "Kita berharap, lomba BUMNag Berprestasi bukan mencari yang terbaik, tetapi ingin selalu menjadi lebih baik untuk kedepannya," katanya. (*/F12)