Bupati Agam Perkuat Sektor Perikanan dan Pariwisata -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bupati Agam Perkuat Sektor Perikanan dan Pariwisata

Rabu, 17 Agustus 2022
.


Tanjung Mutiara – Sektor perikanan dan kepariwisataan berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara. Sehingga, kedua sektor tersebut harus terus diperkuat.


Hal itu disampaikan Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM saat menyalurkan sarana prasarana perikanan bagi nelayan tangkap, di UPTD PPW II Sumbar, Selasa (16/8).


Menurut bupati, pandemi Covid-19 secara tidak langsung telah berdampak terhadap perekonomian masyarakat kawasan pantai. Khusus masyarakat pesisir, hasil tangkapan nelayan menurun, sektor kepariwisataan sepi akibat pembatasan.


Untuk itu kedua sektor tersebut harus kembali digenjot. Di sektor perikanan, pihaknya menyalurkan sejumlah sarana prasarana perikanan dan bantuan rehap pasar ikan dan unit pengolahan ikan.


“Saya menyadari, nelayan yang paling merasakan dampak Covid-19 adalah nelayan tradisional atau nelayan tangkap, untuk itu pemerintah daerah harus menstimulus agar ekonomi kembali bangkit,” ujarnya.



Selain sektor perikanan, ekonomi masyarakat pesisir juga dapat digenjot melalui sektor kepariwisataan. Sehingga bupati menginginkan 2023 rencana pembangunan masjid berkubah merah di Tiku harus terealisasikan.


Menurutnya, keberadaan masjid yang ikonik akan dapat menggaet wisatawan lebih banyak. Bupati mencontohkan Masjid Raya Sumbar, masjid putih di Pantai Muaro Padang dan masjid terapung di kawasan pantai Caracok.


“Ada beberapa masjid yang menjadi ikon di Sumbar. Kini kita buat masjid berkubah merah di Agam. Insha Allah akan menjadi ikon wisata kita. Jika wisata bangkit ekonomi otomatis bangkit,” tuturnya.


Untuk memperkuat kedua sektor tersebut sambung bupati, diharapkan terwujudnya sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat kawasan pesisir.


“Harapan kita bersama adalah selain pendapatan utama dari melaut, ekonomi masyarakat juga akan meningkat melalui di sektor pariwisata, ini tentu membutuhkan sinergitas kita bersama,” ujarnya. (*/yanto)