Jalan Tembus Pasar Lama - Pasar Baru Muara Labuh Kembali Dikerjakan -->

Iklan Atas

Jalan Tembus Pasar Lama - Pasar Baru Muara Labuh Kembali Dikerjakan

Rabu, 31 Agustus 2022

Inilah jalan tembus pasar lamanke oasar baru Kampung Palak, Muaralabuh yang terhenti sejak puluhan tahun, kini sudah bisa dilewati. Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Sempat terhenti bertahun tahun, proyek pembangunan jalan tembus pasar lama ke pasar baru Kampung Palak, Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan, (Sumbar), akhirnya tahun 2022 sudah bisa dikerjakan. 


Sebenarnya pembangunan jalan tembus kepasar baru ini antara pemerintah daerah dengan pemilik tanah tidak ada permasalahan, hanya saja permasalahan dikeluarga pemilik tanah yang bersiteruh dan saling mengklaim kepemilikan dan berujung ke pengadilan, dalam hal ini pemda tidak mau mengambil resiko sebelum diselesaikan. 


Mendapatkan informasi ini, Bupati Solok Selatan Khairunas tidak ambil pusing dikumpulkan pejabat yang berkompeten terkait pembangunan jalan tembus ini, dan bupati memberikan tenggang waktu, pihak PU harus menyelesaikan permasalahan ini dalam waktu dekat. 


Saya tidak mau tau, pokonya permasalahan ini harus tuntas dalam jangka waktu tiga bulan ini, dan sudah bisa dikerjakan," ucap Khairunas saat meninjau pasca kebakaran dipasar baru beberapa bulan yang lalu. 


Khairunas menegaskan, ini merupakan akses yang sangat vital bagi masyarakat tiga kecamatan yang akan berurusan kepasar ini, sekecil ini permasalahan tidak bisa diselesaikan. 


Akhirnya jalan tembus ke terminal pasar baru itu hanya lebih kurang 127 meter dikerjakan tahun 2022 ini, walaupun ganya sampai pengerasan saja. 


Hasil pantauan Media ini dilokasi proyek, sejumlahnalat berat dan truknpengangkut material sedang berjibaku menimbun badan jalan yang dikerjakan oleh CV ARG. 


Manager CV ARG Okta saat dikonfirmasi Media ini mengatakan, pihaknya sekarang sedang berupaya mengerjakan proyek ini dan saat ini sedang menggali material seperti tanah untuk penimhunan, setrlah itu baru dikasih material koral dan pasir. 


Diakui untuk tahun ini pekerjaan hanya sampai pengerasan dan pembuatan bahun pondasi, diperkirakan pertengan Desember ini selesai. tergantung cuaca. 


Okta menambahkan, setidaknya dari hasil pekerjaan peninbunan dengan material tanah ini jalan yang dulunya tidak bisa dilewati, sekarang sudah bisa dilewati masyarakat untuk keperluan kepasar, dan masyarakat tidak jauh berputar menuju kepasar. 


Fitri salah seorang warga yang keseharian berdagang dipasar baru Muaralabuh kepada Media ini mengatakan, sangat mendukung kegiatan pekerjaan jakan tembus terminal Muaralabuh ini, sangat banyak manfaatnya jika dibuka, karena warga yang berasal dari arah Padang Aro dan sekitarnya tidak lagi berputar putar untuk menuju kepasar baru ini, termasuk kami sebagai oedagang dengan mudah membawa dagangan kepasar. 


"Banyak manfaatnya jalan ini dibuka, perekonomian warga setempat, lahan warga bisa dimanfaatkan bikin rumah dan tokoh, mau berjualan," ucapnya. Abg