KPHL Agam Raya Serahkan 1.782 Bibit Ke LPHN Silayang Lubuk Basung -->

KPHL Agam Raya Serahkan 1.782 Bibit Ke LPHN Silayang Lubuk Basung

Selasa, 16 Agustus 2022

Kepala UPDT KPHL Agam Raya Cucu Sukarna, S.IP  melakukan penanaman bibit di lokasi LPHN Silayang Lubuk Basung

Lubuk Basung, fajarsumbar. com -
Kepala UPDT KPHL Agam Raya Cucu Sukarna, S.IP beserta rombongan secara resmi melakukan penanaman pohon serentak, lingkup Dinas Kehutanan provinsi Sumatera Barat, Selasa, (16/8/2022) di LPHN Silayang Lubuk Basung sebanyak 1.782 batang.


Penanaman pohon sebanyak 1.782 batang di LPHN Silayang  Lubuk Basung berlokasi di Hilir Parit, Nagari Persiapan Parit Panjang-Lubuk Basung diikuti oleh Sekcam Lubuk Basung, Bayu Wiranatha AW, Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putera, Ketua LPHN Lubuk Basung, Y. Dt. Basa, BAMUS Nagari Lubuk Basung Pj. Nagari Lubuk Basung, Hendri, wali Jorong VI Parit PanjangTarmizi serta tamu undangan lainnya.


Cucu Sukarna menyebutkan, penanaman serentak KPHL Agam Raya dilaksanakan berdasarkan visi Gubernur dan Wagub Sumatera Barat yang tertuang dalam RPJMD Sumatera Barat tahun 2021-2026 yaitu Terwujudnya Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan.


"Kegiatan penanaman ini sangat relevan untuk mencapai tujuan meningkatkan pendapatan petani hutan dan memperbanyak peran kaum millenial sebagai enterpreneur muda dalam pembangun Sumatera Barat", ungkapnya.Selasa (16/8)


Disebutkan, penanaman pohon serentak lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, dalam rangka mendukung implementasi Indonesia's Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030.


"Indonesia berkomitmen menahan laju peningkatan suhu global dan perubahan iklim sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Paris (Paris Agreement)" sebutnya.


Dijelaskan, perjanjian Paris mengharuskan Indonesia untuk menguraikan dan mengkomunikasikan aksi ketahanan iklim pasca 2022 dalam dokumen kontribusi yang ditetapkan secara Nasional Sektor Kehutanan dan lahan berkontribusi terhadap target penurunan emisi.


Ditambahkan, aksi mitigasi pada sector FOLU difokuskan pada aksi mitigasi utama, seperti penurunan emisi dari kebakaran gambut, deforestasi, dan dekomposisi gambut, yang disertai peningkatan serapan karbon dari kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan dan pengelolaan hutan produksi lestari.


Cucu Sukarna berharap penanaman serentak untuk lingkup UPTD KPHL Agam Raya di LPHN Lubuk Basung sebanyak 1.782 batang ini dapat memotivasi kita semua untuk terus membudayakan penanaman pohon.


"Semoga Allah SWT meridhoi upaya kita dan senantiasa memberikan petunjuk serta perlindungan kepada kita semua dan memberikan manfaat serta nilai tambah bagi masyarakat Sumatera Barat, khususnya Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam", tutup Cucu  Sukarna, S.IP.


Penanaman serentak lingkup Dinas Kehutan Provinsi Sumatera Barat di LPHN Lubuk Basung temanya juga dikaitkan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77.(Yanto)