MAN 2 Solok Selatan Tingkatkan Keterampilan Mengelola Biji Kopi -->

Iklan Atas

MAN 2 Solok Selatan Tingkatkan Keterampilan Mengelola Biji Kopi

Rabu, 31 Agustus 2022

Inilah produk siswa MAN 2 Solok Selatan dalam meningkatkan ketrampilan mengolah biji kopi menjadi serbuk. Abg


Solsel, fajarsumbar.com---Sekolah Agama bukan saja terpokus pada pelajaran agama saja, namun sesuai juga dengan perkembangan zaman, dan instruksi dari Kementrian Agama sekolah Agama juga harus mengembangkan bakat melalui wirausaha, sehingga sekolah madrasah seperti sekolah Madrasah Aliah Negeri (MAN)  ditambaj menjadi MAN Plus Ketrampilan. 


Di Sumatera Barat ada tujuh MAN Plus Ketrampilan  termasuk MAN 1 dan MAN 2 Solok Selatan. 


Demikian kepala sekolah MAN 2 Solok Selatan Almudaris saat diwawancarai Media ini diruang kerjanya, lebih jauh kepsek tahun 2020 yang lalu MAN 2 Solok Selatan ini sudah mulai melaksanakan kegiatan belajar ketrampilan itu, pengolahan kopi arabika dan Multimedia pembuatan vidio vidio pendek. 


Almudari menambahkan, program ini juga masuk dalam kurikulum pembelajaran dan sekilah ini hanya dua jurusan yang melaksanakan program ini, diantaranya jurusan  IPA dan jurusan IPS, untuk jurusan IOA meteka diajarkan mnegolah kopi arabika menjadi bubuk sampai mempeking, untuk jurusan IPS membuat vidio kontrn dan film film pendek. 


Khusus untuk jurusan IPA pengolahan biji kopi menjadi bubuk, terpaksa mereka belajar atau praktek dirumah guru pembimbing, karrna sekokah ini belum memiliki peralatan sama sekali, kebetukan guru pembimbing Ibuk Nur Ainun beliau juga pengusaha bubuk kopi, sementara siswa magang dulu dirumah guru pembimbing itu.


"Menurut kepaka sekolah, kalau tidak dimulai dari sekarang mendidik siswa berdikari, kapan lagi," ucap kepsek. 


Siswa melakukan praktek ketrampikan itu masuk dalam reguler dan memakai waktu hanya enam jam dalam satu. minggu. 


Setelah nanti program ini bisa berkembang akan diusahakan mencari bantuan bantuan perlatan, sehingga nanti sekolah akan memiliki alat alat sendiri dan bisa pula berbagi ilmu dengan warga sekitar. 


Pihak sekolah sangat berharap kepada pemerintah daerah, bagaimana mendukungnkegiatan kegiatan positif siswa ini, dengan mengatasi keluhan dan kekurangan yang dihadapi, seperti MAN 2 ini sangat membutuhkan peralatan pengolahan biji kopi menjadi serbuk kopi," harapnya. Abg