Nagari Pakan Rabaa Latih Kaum Ibu dengan Keterampilan -->

Nagari Pakan Rabaa Latih Kaum Ibu dengan Keterampilan

Selasa, 16 Agustus 2022

Suasana pelatihan kewirausahaan oleh nagari Pakan Rabaa Timur, membuat kerajinan tangan dari hasil hutan.


Solsel, fajarsumbar.com - Tak henti hentinya pihak kenagarian memberikan peluang dan kesempatan untuk berkarya dan mengajak warganya untuk berkreatif, terutama generasi melinial. 


Apalagi di daerah itu banyak bahan baku yang akan dipergunakan oleh  warganya untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. 


Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kahupaten Solok Selatan, Sumbar misalnya, tahun ini sudah banyak memberikan inovasi kepada warganya, terutama kaum ibu ibu dan kaum melinial. Salah satu program menyambut HUT RI ke-77 ini, sejumlah kaum Hawa diberi pelatihan.


Demikian Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril kepada Media ini dikantornya, Selasa (16/8/2022). 


Lebih jauh Nasril, seorang wali nagari yang punya inovasi inovasi terbaru itu selalu merangkul warganya, terutama anak anak muda. 


Pembukaan acara pelatihan kewirausahaan bagi generasi milenial Nagari Pakan Rabaa Timur dalam pengelolaan hasil hutan bukan kayu (HHBK), kegiatan ini merupakan program nagari juga. 


Selain memberdatakan hasil alam, kegiatan ini juga dalam rangka pemberdayaan generasi milenial yang punya keterampilan dalam menyongsong masa depan yang lebih baik .


"Kami di Nagari Pakan Rabaa ini, khsusus generasi muda, masih jauh dari kegiatan yang merusak generasi muda, seperti perjudian, perkelahian, narkoba, belum begitu terpengaruh dengan dunia teknologi zaman sekarang dan kegiatan kejahatan lainnya," ujarnya.


Oleh karena itu, pihak nagari bersama elemen terkait di nagari selalu mengajak anak generasi dan melinial untuk jauhi segala yang dilarang oleh agama dan adat. (Abg)