Nagari Pakan Rabaa Timur Adakan Berbagai Lomba, Total Hadiah Rp16 Juta -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Nagari Pakan Rabaa Timur Adakan Berbagai Lomba, Total Hadiah Rp16 Juta

Senin, 15 Agustus 2022
Salah lomba pidato adat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 di Nagari Pakan Rabaa Timur, Solok Selatan.


Solsel, fajarsumbar.com - Nagari Pakan Rabaa Timur, Solok Selatan (Solsel), Sumbar menggelar bermacam kegiatan dan lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77. Total hadiah yang diperebutkan Rp16 juta.


Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril saat membuka acara HUT RI ke 77 di Gedung Serba Guna Jorong Ladang Kongsi mengatakan, dalam rangka HUT RI ini, masyarakat, kewalian, jorong tokoh adat dan tokoh agama siap mensukseskan agenda tahunan ini. 


Nagari Pakan Rabaa Timur tidak pernah tidur dalam segi apapun agenda baik itu agenda nasional, provinsi dan kabupaten tetap kami laksnakan, sekalipun nagari kami ini masih jauh dari harapan dan keramaian. 


Setidak dalam rangka merayakan hari kemerdekaan ini, kami dinagari sebagai warga negara yang baik, harus juga merasakan kemerdekaan dan memberikan pengharafaan kepada para pahlawan yang gugur dalam memoertahankan negara dan bangsa. 


"Nagari Pakan Rabaa Timur yang lebih populernya Pinti Kayu, termasuk daerah jajahan yang telah diperjuangkan oleh pendahulu kita, makanya kami ikut juga dalam memeriahkan HUT RI ini," tegas wali, Senin (15/8/2022).


Lebih jauh wali nagari yang didampingi Sekrestaris Nagari Mulyadi, adapun agenda perlombaan yang digelar shalat jenazah yang diiukuti oleh kelompok Majelis Taklim (MT) nagari. Lomba pidato adat yang diikuti oleh perwakikan masing masing sukub , lomba pacu karung, lomba pacu sarung dan nanti akan ditutup dengan acara hiburan rakyat seperti saluang. 


Diakui saat ini, pelajaran adat, kegiatan adat istiadat, apalagi terkait dengan pidato adat sudah tidak digemari lagi oleh generasi muda, oleh karena itu nagari bersama pemangku adat nagari bertekat akan mengembalikan fungsi adat dan mengajak anak kemanakan memakai tradisi adat istiadad. 


Jika agenda adat istiadad ini nanti bisa berkembang di Nagari Pakan Rabaa Timur ini, bisa mengalahkan zaman teknologi canggih seperti medsos, game online dan sebagainya.  "Dengan total hadiah semuanya lebih kurang Rp16 juta dan akan diserahkan pada malam resepsi di nagari," tutup Mulyadi. (Abg)