Pemkab Agam Alokasikan Rp84 Milyar Untuk Rekontruksi Jalan Dan Jembatan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pemkab Agam Alokasikan Rp84 Milyar Untuk Rekontruksi Jalan Dan Jembatan

Kamis, 04 Agustus 2022

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti meninjau salah satu pekerjaan ruas jalan 

 Lubuk Basung,fajarsumbar. com -
, Pemerintah Kabupaten  Agam  mengalokasikan dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 22 (APBD) sebesar Rp84 miliar untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan.


 Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti mengatakan, pembangunan jalan dan jembatan merupakan salah satu prioritas, agar bisa memudahkan transportasi masyarakat untuk membawa hasil dari lahan pertanian dan perkebunan. 


"Pembangunan jalan dan jembatan ini menjadi prioritas Pemkab Agam, sebagai upaya meningkat perekonomian masyarakat, dengan adanya jalan dan jembatan yang bagus, tentunya akan memangkas biaya tranportasi dan waktu yang diperlukan dalam memasarkan hasil tani dan perkebunan akan singkat," kata Sekretaris Daerah Agam, Edi Busti pada awak media saat meninjau pembangunan jalan di Padang Madani, Kecamatan Lubuk Basung, Kamis  (4/8)


Dengan adanya akses yang baik, kos transportasi tentu akan berkurang, otomatis pendapatan masyarakat petani dipedesaan  akan meningkat.


Lebih lanjut Edi Busti menjelaskan Dengan dana Rp84 milyar itu digunakan untuk rekonstruksi dan pemeliharaan jalan sebanyak 53 ruas yang  tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Agam.


Dana Rp84 Milyar itu juga digunakan untuk rekontruksi empat unitla jembatan yang  berada di Bandar Rakik Kecamatan Banuhampu dengan panjang 25 meter dengan tipe b, jembatan Kampung Melayu Kecamatan Ampek Nagari dengan panjang 25 meter, Jembatan Gantuang Sitajun Kecamatan Lubuk Basung sepanjang 35 meter dan jembatan Kampung Pili dengan APBD perubahan.


Saat ini pembangunan jalan dan jembatan tersebut sedang berlangsung, diharapkan Oktober 22 dapat terselesaikan." katanya


Pembangunan jalan dan jembatan ini menunjukkan upaya dari pemerintah Kabupaten Agam dalam membatu masyakatnya untuk meningkatkan ekonomi terutama masyarakat yang bergerak disektor pertanian dan perkebunan.


Ia menambahkan untuk  tahun depan program rekonstruksi ruas jalan akan kembali dilanjutkan, terutama jalan yang belum tersentuh bakal menjadi target dan prioritas utama dalam pembangunan nantinya.


"Dalam rencana rancang APBD 2023 untuk rekonstruksi atau pemeliharaan jalan dan jembatan hampir sama dengan dana tahun ini," katanya.


Dalam kunjungan itu Sekda Agam turut didampingi Kepala Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang Agam Ofrizon, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Bambang Warsito, Kabid Bina Marga DPUTR Agam Gani Basya, Kabid Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Agam Antono dan lainnya.(Yanto)