Pemko Padang Panjang Teken MoU dengan BPIP -->

Iklan Atas

Pemko Padang Panjang Teken MoU dengan BPIP

Sabtu, 20 Agustus 2022

 

Foto bersama

Padang Panjang, fajarsumbar, com - Sebagai salah satu upaya pembinaan ideologi Pancasila, Pemerintah Kota Padang Panjang melqkukan kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia. Penqndatangan kerja sama dilakukan di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Jumat (19/8).


Kesepakatan kerja sama tersebut, ditandai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara Walikota Fadly Amran, dengan Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso, MM.


Wako Fadly mengatakan, maksud nota kesepakatan ini sebagai komitmen awal dan landasan bagi BPIP dan pemko untuk saling bersinergi berdasarkan kewenangan, tugas, fungsi, program, dan kegiatan yang saling mendukung serta memperkuat kerja sama dalam rangka pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila.


“Tujuannya adalah untuk membangun dan mewujudkan kerja sama dalam rangka pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila sesuai tugas dan fungsi,” jelas Fadly.


 Ruang lingkup kerja sama antara pemko dengan BPIP ini akan meliputi sosialisasi, pembudayaan, dan penggalian mutiara Pancasila pada kearifan lokal dalam rangka pembinaan ideologi Pancasila.


Selain itu juga kerja sama jejaring multipihak dalam rangka pengamalan nilai-nilai Pancasila dan pendampingan terhadap pembentukan regulasi dan kebijakan serta advokasi penanganan penyelesaian dan penanggulangan masalah dan kendala dalam pembinaan ideologi Pancasila.


Pada sektor pendidikan, akan ada pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, pembekalan, workshop pembinaan ideologi Pancasila, serta pengendalian dan evaluasi pembinaan ideologi Pancasila yang dilaksanakan oleh Pemko Padang Panjang dan BPIP. 


Selain penandatangan MoU, juga ditandatangani pencanangan Kelurahan Berdikari antara Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat dengan BPIP.


Tampak hadir Kepala BPBD dan Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP dan Kasubag Kerja Sama Bagian Tata Pemerintahan Tedy Refrianto, Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustian, S.IP, Lurah Silaing Bawah, Beni Satria, S.Par dan lainnya. (syam)