Pemkot Target Tidak Ada Lagi Kabel Semrawut di Kota Bandung pada 2023 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pemkot Target Tidak Ada Lagi Kabel Semrawut di Kota Bandung pada 2023

Jumat, 12 Agustus 2022

 

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana memulai penertiban dan penataan kabel udara secara simbolis di Jalan Dago.



BANDUNG - Pemkot Bandung menargetkan tidak ada lagi kabel udara semrawut di jalan-jalan utama Kota Bandung pada 2023 mendatang. Semua instalasi kabel di jalan utama tersebut, akan berada di bawah tanah. 


Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, terdapat 13 ruas jalan yang diupayakan tidak ada lagi kabel udara. Kabel-kabel yang terpasang di tiang listrik itu ditanam di tanah dengan sistem ducting,sebagaimana dikutip iNews.id


"Sampai saat ini ada 13 ruas (jalan utama). Termasuk nanti yang lain juga akan dilakukan oleh BUMD Kota Bandung yang di luar 13 ini. Mudah-mudahan ini semakin mempercepat penyelesaian ducting dan penurunan kabel-kabel di Kota Bandung," kata Wali Kota Bandung, Jumat (12/8/2022). Penerapan ducting, ujar Yana Mulyana, mulai dilaksanakan di ruas Jalan Ir H Djuanda (Dago). Dalam waktu dekat, ruas jalan yang bakal menerapkan ducting adalah Jalan Jalan RE Martadinata (Riau) dan Jalan Ahmad Yani.


Dalam pelaksanaannya, Pemkot Bandung juga berkoordinasi dengan PLN untuk mengecek dampak dan risiko terkait penerapan ducting pada kabel listrik. "Sehingga perlu kehati-hatian. Selain itu, karena tidak teranggarkan tahun ini, mereka harus menganggarkan dulu untuk semua prosesnya," ujar Yana Mulyana.


Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan A Brilyana mengatakan, pemkot tidak bisa memotong kabel di udara tanpa menyiapkan ruang untuk ducting. Sehingga, proses penurunan kabel itu membutuhkan waktu guna menghindari gangguan fasilitas publik. "Harus tersambung dulu. Jangan sampai kita putus kabelnya ternyata internet, CCTV, Wi-fi juga putus. Jadi dipastikan semua beroperasi normal dulu. Ini yang memakan waktu," kata Yayan.


Beberapa waktu lalu, Pemkot Bandung menertibkan kabel udara di Jalan Cianjur, tepatnya di depan Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Cianjur. Penertiban tersebut ditandai dengan pemotongan kabel udara oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna. "Hari ini kami memotong kabel yang melintas di sepanjang Jalan Cianjur-Mal Pelayanan Publik," kata Sekda Kota Bandung, Jumat 5 Agustus 2022. 


Penertiban kabel udara ini, ujar Ema Sumarna, sebagai upaya untuk meningkatkan nilai estetika dan kenyamanan di MPP Kota Bandung. "Targetnya Minggu ini sudah bersih dan hal ini menunjang aspek estetika di Mal Pelayanan Publik," ujar Ema Sumarna. Dia menuturkan, Pemkot Bandung melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT BII sedang menyelesaikan penertiban kabel udara di 13 ruas jalan serta ratusan ruas jalan lainnya. 


Diharap Kota Bandung segera terbebas dari kesemrawutan kabel udara sehingga bisa meningkatkan nilai estetika kota.  "Ke depan kita melangkah ke Jalan Riau (RE Martadinata) dan pelaksanaannya oleh PT BII sesuai perwal 363 tahun 2018 tentang penugasan PT BII. Proyek sudah masuk dalam RUPS sekarang sudang dalam proses lelang. Mereka akan melakukan penertiban di 13 ruas jalan dan ratusan jalan lainnya," tuturnya.(*)