Ratusan Mustahik Terima Zakat dari Baznas -->

Iklan Atas

Ratusan Mustahik Terima Zakat dari Baznas

Rabu, 31 Agustus 2022
Walikota Fadly Amran menyerahkan secara simbolis zakat dari Baznas Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Sebanyak 263 mustahik menerima zakat beberapa program Baznas Kota Padang Panjang, Rabu (31/8) di Masjid Taqwa Muhammadiyah.


Penyaluran zakat  ini dilakukan secara simbolis oleh waliota Fadly Amran yang juga dihadiri Kepala Kantor Kemenag, Drs. Alizar Chan, M.Ag, Kabag Kesra Setdako, Erwina Agreni, M.Si, camat dan lurah serta  pengurus Baznas.


Wako Fadly menyampaikan, menjadi hal yang patut disyukuri untuk penyaluran zakat di kecamatan yang ada di Kota Padang Panjang, lebih besar proporsinya dibandingkan kecamatan lain di Provinsi Sumatra Barat.


"Allhamdulillah, dengan beberapa program Baznas saat ini, sangat menarik perhatian masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Padang Panjang." katanya.


Walikota berharap agar pemanfaatan dana zakat ini sesuai dengan niat peruntukannya.  "Jangan sampai salah dalam pemanfaatan dana zakat ini. Zakat Program Padang Panjang Cerdas benar-benar diperuntukan untuk biaya pendidikan. Begitu juga dengan zakat program lainnya," tambahnya.

 

Walikota mengapresiasi kinerja pengurus Baznas.  "Allhamdulillah dari laporan pengurus Baznas, selama ini belum ditemukan penerima ganda dalam penyaluran zakat.


Mari kita doakan pengurus dan orang-orang yang telah berzakat ini mendapat keberkahan, yang menerima sekarang dapat pula memberi dimasa akan datang," harapnya.


Sementara Alizar  Chan dalam kesempatan ini mengajak para mustahik yang hadir agar selalu menjaga ibadah salat.


"Zakat yang kita terima ini berkaitan erat dengan ibadah salat. Dirikanlah salat, tunaikan zakat. Salat tidak bisa dipisahkan dari zakat. Untuk itu guna keberkahan zakat yang diterima, maka tunaikanlah salat. Kalau bapak ibu terima zakat tapi tidak menunaikan salat, kianat kita jadinya," terangnya.


Ketua Baznas, Syamsuarni, S.Ag menjelaskan, penyaluran dana zakat Baznas sampai hari ini sudah lebih dari 2.600 kepala keluarga yang menerima manfaatnya. "Hari ini kita salurkan untuk 263 KK. Dari Januari sampai minggu keempat Agustus ini, sudah mencapai lebih dari Rp3,3 miliar disalurkan, yang didominasi untuk biaya pendidikan," tuturnya.


Rincian zakat yang disalurkan kali ini, zakat Program Padang Panjang Makmur diterima 49 mustahik, Padang Panjang Cerdas (206 mustahik), Padang Panjang Sehat (5 mustahik) dan Padang Panjang Peduli (3 mustahik). Totalnya ada Rp438.675.000 dana zakat yang disalurkan. (syam)