Sekda Buka PBAK 1910 Mahasiswa Baru UIN Mahmud Yunus Batusangkar -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Sekda Buka PBAK 1910 Mahasiswa Baru UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Senin, 29 Agustus 2022

Sekda Iqbal Ramadi Payana didampingi Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, membuka PBAK mahasiswa baru tahun 2022, di Auditorium kampus tersebut, Senin (29/8) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebanyak 1910 mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), yang dibuka secara resmi Bupati Tanah Datar diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, M.Si, di Gedung Auditorium Kampus UIN, Senin (29/8/22).


Sekda dalam sambutannya katakan, Pemkab Tanah Datar terus berupaya dalam pembentukan karakter dan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga terciptanya Kabupaten Tanah Datar madani berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK).


Sekda Iqbal sampaikan lagi, salah satu langkah untuk merealisasikan upaya tersebut, Pemkab Tanah Datar selalu mendorong UIN Mahmud Yunus, untuk meningkatkan statusnya seperti saat sekarang ini.


"Dimulai pada tahun 2015 dari STAIN Batusangkar telah resmi menjadi IAIN Batusangkar dan sekarang menjadi UIN, semua pencapaian yang luar biasa yang kita dambakan bersama," kata Sekda.


Sekda melanjutkan, Pemerintah Daerah juga memberikan bantuan sosial bagi mahasiswa dan pelajar di Tanah Datar. Hal tersebut merupakan komitmen Pemkab Tanah Datar, agar mahasiswa dan pelajar terus meningkatkan pendidikannya tanpa terkendala biaya.


"Kita menyadari Kabupaten Tanah Datar tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, tapi dengan SDM kita dapat menghadapi era global dan digital, serta pembentukan karakter perlu kita siapkan sedari dini," pungkas Sekda Iqbal.


Sementara itu, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora M. Si sampaikan, PBAK UIN Mahmud Yunus tahun ini diikuti sebanyak 1910 mahasiswa baru. 


Rektor Marjoni juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan selamat menjadi bagian dari UIN Mahmud Yunus Batusangkar. "Ahlan Wasahlan saya bangga, kami bangga dengan kedatangan anda semua menjadi bagian UIN. Anda adalah pemenang dari 12 ribu peminat, saudaralah yang beruntung," ucapnya.


Rektor berpesan, tumbuhkanlah minset anda menjadi sempurna dan tetaplah berpikiran positif, bahwa kesuksesan bisa didapat dengan kerja keras dan bersungguh-sungguh. "Silahkan anda bergabung dengan organisasi kampus, guna mengasah kompetensi non akademik," pesannya. (F12)