Wabup Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wabup Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Jumat, 05 Agustus 2022

Wabup Richi Aprian saat memberikan sambutan pada Pelatihan Berbasis Kompetensi, di Aula Kantor Bupati, Jum'at (5/8) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH mengajak angkatan muda di Tanah Datar, untuk tidak bermimpi menjadi pekerja melainkan jadi orang yang membuka lapangan kerja. Hal tersebut disampaikannya, saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja, di Aula Kantor Bupati, Jumat (5/8/22).


"Kami harap adik-adik yang ikut pelatihan ini, jangan bermimpi hanya jadi pekerja saja atau kerja ditempat orang, tapi punya mimpi membuka lapangan pekerjaan di bidang kuliner, terus komputer dan instalansi listrik sederhana," kata Wabup. 


Richi Aprian tegaskan, posisi sebagai pimpinan atau memiliki usaha sendiri, akan jauh lebih baik daripada menjadi pekerja atau bawahan orang lain.


"Kalau kerja sama orang, tahun ini kalian kerja sebagai bawahan orang, 10 atau 20 tahun lagi, status kalian boleh besar tapi tetap bawahan orang. Tapi kalau sekarang kalian kerja sebagai kepala, 10 atau 20 tahun bikin usaha sendiri kalian langsung jadi boss," katanya.


Sementara itu, Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi menyebutkan, tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk menambah pengetahuan dan skill, dalam upaya menciptakan kesempatan kerja, bagi angkatan kerja produktif di Kabupaten Tanah Datar.


Kemudian tambah Zarratul, untuk menciptakan calon pekerja yang kompeten, disipilin dan beretika, melalui pelatihan, pemberdayaan dan uji kompetensi. "Dasar pelatihan ini adalah mengacu pada Program Unggulan (Progul) Kabupaten Tanah Datar yaitu, menciptakan usahawan baru dan lapangan pekerjaan," katanya.


Kadis PMPSP katakan lagi, terdapat 3 paket pelatihan yang diberikan pada pelatihan ini, yang masing-masing memiliki jangka waktu yang berbeda. Sedangkan biaya pelatihan berasal dari dana APBD Kabupaten Tanah Datar tahun 2022.


"Pertama pelatihan membuat roti dan kue dilaksanakan mulai tanggal 5-31 Agustus 2022, kedua pelatihan komputer dilaksanakan mulai tanggal 5 Agustus - 21 September 2022, ketiga pelatihan pemasangan instalansi listrik yang dilaksanakan pada 5 Agustus hingga 9 september 2022," ujar Zarratul Khairi.


Zarratul tambahkan, Pelatihan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar, yang diikuti oleh 48 orang angkatan muda produktif di Tanah Datar, masing-masing paket terdiri dari 16 orang.


"Seluruh peserta akan mendapat materi dari 5 orang pemateri berkompeten, yang disiapkan Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar," pungkasnya. (F12)