1635 Lulusan Unand, Ikuti Wisuda Ke IV Tahun 2022 -->

Iklan Atas

1635 Lulusan Unand, Ikuti Wisuda Ke IV Tahun 2022

Sabtu, 10 September 2022


.
Padang, fajarsumbar.com - Universitas Andalas (Unand) kembali mewisuda 1635 lulusannya di Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang, Sabtu (10/09/2022).

Prosesi wisuda yang berlangsung dalam rapat wisuda IV Universitas Andalas itu, dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Unand Profesor Doktor. Syafrizal. Sy.

Rektor Unand Profesor. Dr. Yuliandri mengatakan, kita patut bersyukur, pelaksanaan wisuda ini sudah bisa dilaksanakan secara luring. Betapa pun canggihnya teknologi yang bisa Unand gunakan untuk pelaksanaan wisuda secara daring, namun tetap tidak mampu menggantikan pelaksanaan wisuda secara offline seperti yang telah kita laksanakan sebelum masa pandemi Covid-19.

Menurut Rektor Yuliandri kegiatan wisuda secara offline ini, dapat dijadikan sebagai untuk membuka ruang dalam upaya menjalin silaturrahmi dan menumpahkan kebahagiaan dari masing-masing keluarga atas keberhasilan yang diperoleh mahasiswa dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Bahkan dalam tradisi perguruan tinggi kita di Indonesia, wisuda secara offline memberi makna tersendiri bagi mahasiswa untuk memasuki dunia baru setelah menjadi mahasiswa.

Selain itu, Prof Yuliandri sangat banga, melepas widudawan/wisudawati yang berasal dari lulusan Program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor yang terdiri dari Program Diploma Tiga 81 orang, Sarjana 1.290 orang, Profesi 17 orang, Magister 193  orang, Spesialis 35 orang dan Doktor sebanyak 19 orang.

Ia bersama seluruh pimpinan Unand menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan sesuai dengan waktu yang disediakan akademik serta hak yang melekat pada gelar wisudawan.

"Semoga saudara semua dapat menggunakan ilmu dan gelar itu untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak", tambahnya.

Sebagai seorang sarjana, saudara ikut memikul tanggung jawab keilmuan untuk memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Di tengah berbagai perubahan yang ada, tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat, bangunlah kepedulian dalam diri saudara, peka-lah terhadap kehidupan masyarakat, serta dedikasikan ilmu untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat lemah.

Prof Yuliandri juga mengatakan, dalam upaya menapaki kehidupan nyata setelah ini, jadikanlah hasil pembelajaran dan pengalaman selama  menjalani perkuliahan di Unand, hanya baru sebatas modal awal yang mesti saudara kembangkan, sehingga saudara semua menjadi seorang intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dengan kompetensi yang diakui.

Teruslah mengembangkan diri, jangan sekali-kali saudara takut akan gagal, sebab, kegagalan adalah pelajaran sangat berharga untuk sebuah kesuksesan. Jangan pernah berhenti jika anda tersandung kegagalan, sebab jika kita berhenti berusaha sebelum mencapai sukses maka kegagalanlah yang akan menjadi garis takdir saudara.

"Oleh karena itu, berusahalah sekuat tenaga bermodal ilmu pengetahuan yang dimiliki dan Insya Allah jika nilai dan sikap luhur terus saudara kembangkan niscaya saudara akan meraih sukses di mana pun, bahkan dalam berbagai profesi apa pun", harapnya.

 Kepada para wisudawan, terutama pada jenjang pendidikan Sarjana, Diploma, Spesialis dan profesi, jika saudara telah mendapatkan tempat bekerja, melanjutkan studi, ataupun membuka lapangan kerja sendiri, kiranya memberikan informasi dan menyampaikan ke Almamater, sesuai dengan aplikasi yang telah saudara ketahui.

Hal ini sangat penting, karena kesuksesan saudara juga akan menjadi prestasi bagi Institusi terutama dalam melakukan penelusuran terhadap alumni (tracers study).

Apalagi saudara dalam waktu pendek telah dapat melakukannya, dan hal ini juga menunjukan keberhasilan saudara, dapat memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama masa pendidikan, dan langsung dapat dimanfaatkan di tengah masyarakat.

Kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada saudara, semoga capaian dan prestasi serta
kemajuan Unand dapat membantu saudara-saudara dalam berkarir atau menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Kami juga mengingatkan para wisudawan, dalam menjalani berbagai profesi apapun nantinya, tetap menjaga integritas dan nama baik Almamater Unand yang kita banggakan ini.

 Menurut Yuliandri, secara khusus, pada Gladi Resik Wisuda kali ini, Unand juga mengagendakan dan mengundang praktisi dari luar Kampus, yakni Kamis (08/09/2022), bersama Dr Aqua Dwipayana, S.I.Kom, seorang konsultan komunikasi dan motivator, penulis buku “Berhenti Kerja Semakin Kaya”.

"Dengan adanya paparan dan wawasan bisnis dari nara sunber itu, Insya Allah, kami berharap dapat menjadi motivasi bagi wisudawan, sehingga nantinya akan banyak alumni Unand menjadi wirausahawan", tuturnya.

Dengan telah dilaksanakannya prosesi wisuda hari ini, kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Bapak/Ibu/Orangtua/wali mahasiswa yang telah memberi kepercayaan penuh kepada Unand untuk mendidik putra /putri/ keluarganya selama beberapa tahun terakhir ini.

Kepada wisudawan perlu kami ingatkan, bahwa selepas dari sini anda akan kembali ke orang tua/ keluarga, sebelum melanjutkan perjalanan sejarah hidup anda ke tempat lain, ingatlah peran orang tua. Bagaimanapun, pihak yang paling dominan mempengaruhi perjalanan hidup saudara hingga hari ini adalah orang tua.

Saya tidak bosan mengingatkan apa yang pernah disabdakan Nabi Muhammad SAW, "barang siapa yang hendak dimudahkan urusannya dan dilancarkan rezekinya, maka berbuat baiklah kepada kedua orang tua dan jalinlah silaturrahmi. Restu orang tua dan silaturrahmi akan membukakan banyak jalan untuk menjawab tantangan hidup yang anda hadapi", ujarnya

Atas nama pimpinan Unand mengucapkan selamat kepada saudara semua dan juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/ Ibu Guru Besar, Dosen, dan semua unsur Pimpinan Fakultas, tenaga kependidikan yang telah membantu kelancaran studi para wisudawan, dan panitia yang telah bekerja keras demi terlaksananya acara wisuda hari ini dengan sebaik mungkin. 

Semoga Allah SWT menjadikan semua  itu sebagai amal jariyah bagi Bapak/ Ibu/ Sdr semua, saat megakhiri sambutannya.

Pada wisuda Unand Ke IV Tahun 2022 itu. Rektor Prof. Dr. Yuliandri, juga menyerahkan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik Luar Negeri dan lulusan Beprestasi, kemudian menyerahkan 1635 orang Alumni kepada Pengurus IKA Unand Dr. Munzir Busnia, MS
(Rony Dz)