2.657 Lulusan UNP Widuda di Auditorium UNP Air Tawar Padang -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

2.657 Lulusan UNP Widuda di Auditorium UNP Air Tawar Padang

Rabu, 21 September 2022


.


Padang
, fajarsumbar.com - Sebanyak 2.657 lulusan Universitas Negeri Padang (UNP)
Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma diwisuda di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Rabu (20/09/2022).g

Wisuda Ke 128 Tahun 2022 yang berlangsung, dalam rapat senat terbuka secara garing dan luring itu, dilaksanakan selama 3 hari, yakni hari pertana, Rabu (20/09/2022), sebanyak
909 orang terdiri dari

Pacasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakuktas  Bahasa dan Sesi (FBS) Fakultas Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA) Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Fakultas Teknik (FT)

Rektor UNP Prof. Ganefri. Ph.D mengatakan, guna menjawab berbagai tantangan dan isu masa depan, saat ini UNP melakukan transpormasi, baik secara fundamental maupun praktikal.

Sebagai Perguruan Tinggi yang telah berstatus, sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), UNP terus melakukan inovasi dan pengembangan dalam usaha pengelolaan sumber daya dan otonomi Akademik.
Lebih lanjut Prof Ganefri mengatakan, momentum perubahan dan  pengembangan UNP menuju kearah yang lebih baik, dioptimalkan dan turut berperan dalam pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk lulusan yang unggul.

Dari sisi kalaborasi antara UNP dengan Pemerintah Daerah, juga merupakan unsur penting yang dapat menghiasi pentahelix untuk prmbangunan daerah.

"Kebijakan- kebijakan yang berlandaskan dan berdasarkan pada temuan ilmiah dari Akademi, sebagai salah satu bagian dari kerjasama yang dapat melahirkan efektifitas rekayasa sosial untuk kemasalahatan masyarakat", ujar Prof Genafri.

Kerjasama ini, guna mewujudkan pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan partisipasi pendidikan tinggi pada 7 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

"Hal ini terbukti dengan telah berdirinya Kampus UNP di Kota Bukittinggi, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto kemudian di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Sijunjung dengan pengembangan Close  House  Farm", imbuhnya.

Kerjasama UNP dengan media, ungkap Prop Genafri, menjadi jendela yang efisien dalam mdnyeba informadi yang akurat  dan valid, tetutama dalam upaya penguatan Kampus dalam usaha memberikan kontribusi dalam pembangunan Daerah.

"Sebagai ujud keterlibatan UNP dalam pembangunan daerah di Propinsi Sumatera Barat, dalam 3 tahun terakhir ini UNP telah melaksanakan 2.165 pengabdian masyarakat melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan menerjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebanyak 24.479 orang mahasiswa hampir duseluruh Nagari /Desa", imbuhnya.

Dikatakan, dalam tiga tahun terakhir ini, UNP telah melakukan 2.165 penelitian dengan anggaran sebesar 77,1 M, kemudian melakukan 2.528 pengabdian masyarakat dengan anggaran sebesar 24,6 M.

Prof Ganefri mengharapkan  kepada widudawan wisudawati, agar
ilmu pengetahuan yang dimiliki selama menjalani pendidikan, agar bisa dijadikan untuk menumbuhkan kepekaan terhadaf lingkungan kehidupan masyarakat dengan terus mengamalkan nilai- nilai yang terkandung dalam Pansila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia juga mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati dan mengucapkan terimakasih kepada orang tua wisudawan yang telah mempercayakan UNP sebagai tempat pendidikan.

Wisuda UNP Ke 128 Tahun 2022. dengan tema "Peran Pentahelik Tinggi untuk Penbangunan Daerah", diisi dengan orasi ilmiah oleh Anggota Komisi VI DPR-RI Daerah Pemilihan I Sumatera Barat, H. Andre Rosiadi.(RDz)