330 Kebakaran Terjadi di Jakarta selama Januari-April 2022, Korsleting Listrik Salah Satu Penyebabnya -->

Iklan Atas

330 Kebakaran Terjadi di Jakarta selama Januari-April 2022, Korsleting Listrik Salah Satu Penyebabnya

Kamis, 15 September 2022

Lokasi kebakaran di Jakarta Timur.

JAKARTA - Sepanjang Januari-April 2022 tercatat ada 330 kebakaran di Jakarta. Penyebab kebakaran didominasi korsleting listrik hingga kebocoran kompor gas. 


"Di DKI setidaknya sejak Januari sampai dengan April 2022 sudah ada 330 kebakaran di Jakarta," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


"Di Jakarta ini masih ada rumah-rumah yang padat yang berpotensi terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kompor gas dan korsleting listrik dan juga puntung rokok," tambahnya. 


Ariza meminta seluruh warga Jakarta terutama yang tinggal di permukiman padat agar waspada dengan kebocoran gas hingga colokan listrik yang berpotensi korslet.


"Kami minta seluruh warga untuk waspada, supaya hati-hati dan jangan sembarangan lagi membuang puntung rokok maupun kebocoran gas, atau juga colokan listrik potensi korsleting kabel-kabel yang rawan," ujarnya. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Buku Pedoman Pemetaan Risiko 


Kebakaran DKI Jakarta dan Sistem Informasi Rencana Induk Sistem Penanggulangan Kebakaran (e-RISPK). Peluncuran berkolaborasi dengan Universitas Indonesia melalui Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Disaster Risk Reduction Center (DRRC). 


“Pemerintah DKI Jakarta berkomitmen untuk senantiasa memberikan perlindungan bagi masyarakat DKI dari risiko kebakaran. Permasalahan Kebakaran di DKI Jakarta memerlukan kerja sama antara Pemerintah DKI Jakarta dengan perguruan tinggi," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi Gunawan.(*)