75 Perempuan Ikuti Bimtek Peningkatan Ekonomi di Lubuk Basung -->

75 Perempuan Ikuti Bimtek Peningkatan Ekonomi di Lubuk Basung

Kamis, 15 September 2022
.


Lubuk Basung – Sebanyak 75 perempuan marginal di Kecamatan Lubuk Basung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan ekonomi perempuan di Aula Panti Asuhan Putra Lubuk Basung, Kamis (15/9).


Bimtek ini berasal dari dana Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD Provinsi Sumbar Lazuardi Erman. 


Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah Edi Busti mengucapkan terimakasih dan apresiasinya karena Lazuardi Erman telah mengalokasikan dana pokirnya dalam bentuk pemberdayaan ekonomi perempuan di Agam.


“Saya harapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga secara mandiri dan bisa mengurangi kemiskinan,” harap sekda.


Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Lazuardi Erman, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam mengembangkan usaha skala rumah tangga. 


“Meningkatkan kemampuan perempuan dan ibu rumah tangga akan berpengaruh penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Lazuardi.


Ia menyebutkan, terselenggaranya kegiatan ini diinisiasi dan didukung penuh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan KB Provinsi Sumbar dan Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Agam.


Dia menjelaskan Bimtek digelar 15-17 September yang diikuti angkatan ke 30, 31 dan 32 di Kecamatan Lubuk Basung. Menurutnya, Bimtek tersebut sudah terlaksana sejak Februari 2022 dengan total sebanyak 40 angkatan se- Kabupaten Agam. “Alhamdulillah, ada sekitar 1.000 peserta yang kita beri pelatihan,” jelasnya. 


Acara itu juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlondungan Anak Kependudukan dan KB Provinsi Sumbar, Gemala Ranti dan jajaran Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Agam, dan Camat Lubuk Basung Hidayatul Taufik selaku narasumber. (yanto)