Anak Petani Wakili Sumbar Pada Ajang KSM Tingkat Nasional -->

Iklan Atas

Anak Petani Wakili Sumbar Pada Ajang KSM Tingkat Nasional

Kamis, 15 September 2022
Rehafzan bersama Kepala MIN Payakumbuh, Yarisman Ucok


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Siswa Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Padang Sikabu, Kecamatan Latina, Kota Payakumbuh, Rehafzan Yuliadi Putra akrab dipanggil Rehafzan, benar-benar membanggakan madrasahnya, orangtua dan masyarakat Kota Payakumbuh. 


Betapa tidak, Rehafzan berhasil menjadi juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang IPA terintegrasi tahun 2022, dan bakal mewakili Sumatera Barat dalam ajang yang sama ketingkat Nasional pada 10-14 Oktober 2022 mendatang di DKI Jakarta. 


Anak pertama dari pasangan Yuliadi (petani jeruk) dan Yusni Halizah (ibu rumah tangga) ini memang dikenal sebagai siswa berprestasi di madrasahnya. Sejak kelas 1 MIN sampai duduk dibangku kelas 6 saat ini, Rehafzan hanya Dua kali memperoleh juara 2 selebihnya juara 1 dan juara umum.  


Selain hobi membaca, Rehafzan, memang dikenal ramah dan memiliki disiplin yang tinggi. Tidak hanya buku-buku mata pelajaran pokok yang diajarkan disekolah yang selalu dibacanya, tetapi banyak buku-buku pelajaran lain yang dibelikan orangtuanya, tidak luput untuk dibaca dan pelajarinya. 


"Bahagia sekali pak. Hobi membaca buku. Pernah diimpikan untuk bisa juara," ucap Rehafzan ramah saat ditemui di madrasahnya di Padang Sikabu, Latina, Kota Payakumbuh, Kamis (15/9). 


Rehafzan, mengaku saat ini dirinya lebih banyak lagi belajar untuk menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional. 


"Lebih banyak lagi membaca, belajar bersama guru pembimbing, pelatih dan pendamping ibuk Muharamis, S.Pd.SD serta guru dan pelatih lainnya," ucapnya ramah.

  

Guru pembina sekaligus pelatihnya Muharamis, menyebut bahwa Rehafzan memang pintar dan jenius. Dirinya sudah berkali-kali meraih juara dalam berbagai ajang perlombaan. Bahkan pada Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia pada Juni lalu, berhasil merebut medali Perak tingkat Nasional yang diserahkan di Universitas Al Azhar. 


"Anaknya pintar sekali, saat ini pelajaran-pelajaran tingkat SLTP sudah dikuasainya. Dan disekolah dia selalu juara 1 dan juara umum. Berbagai perlombaan selalu dapat juara dan medali, baru-baru ini meraih medali Perak dalam ajang Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia tingkat nasional," sebutnya. 


Muharamis, juga menyebut, Rehafzan berhasil menjadi juara 1 dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Payakumbuh pada 13-14 Agustus 2022 lalu. Dan mewakili Kota Payakumbuh untuk tingkat Provinsi pada 9,10 dan 11 September 2022 lalu di MAN Gunung Pangilun Padang. 


"Kemarin (Rabu.Red) diumumkan pemenang oleh Kanwil Kemenag Sumbar, dan Rehafzan juara 1 tingkat Sumbar, dengan begitu otomatis mewakili Sumbar ketingkat nasional pada 10-14 Oktober 2022 mendatang," ucapnya. 


Kepala Sekolah MIN Kota Payakumbuh, Yarisman, S.Pd yang akrab disapa Ucok ini mengaku bersyukur dan bangga. Untuk pertama kalinya siswa MIN Kota Payakumbuh berhasil mewakili Sumatera Barat dalam ajang KSM ketingkat Nasional. 


"Alhamdulillah. Ini suatu anugerah yang luar biasa bagi keluarga besar MIN Kota Payakumbuh. Setiap tahun kita ikut KSM, tetapi ini yang baru jebol ke tingkat Nasional. Sebelumnya ada juara 2 dan 3 tingkat provinsi dibidang MTK dan IPA," ucapnya bangga. 


Dirinya menyebut, sudah menyampaikan kabar baik ini kepada Kankemanag Kota Payakumbuh, H Joben dan Kanwil. Dirinya juga sudah merapatkan dengan tim KSM Payakumbuh. 


"Kita juga sampaikan kepada kemenag, kanwil, dan terima kasih juga supor dari Komite madrasah. Dan pesan kita kepada anak kita tetap rendah hati, tidak boleh sombong, dan semangat terus untuk meningkatkan belajarnya, sehingga bisa tampil menjadi yang terbaik nantinya," harap Ucok. (ul)