Bicarakan Jalan Tembus, Bupati Solsel dan Dharmasraya Temui Dirjen Kementerian PUPR -->

Bicarakan Jalan Tembus, Bupati Solsel dan Dharmasraya Temui Dirjen Kementerian PUPR

Senin, 12 September 2022
Bupati Solok Selatan Khairunas saat berdialog dengan Dirjen  Bina Marga Kementerian PUPR Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.SC di ruang kerjanya Jakarta.


Solsel, fajarsumbar.com -Kerja keras duet Bupati Solok Selatan Khairunas dan Bupati Darmasraya Sutan Riska menemui Kementerian PURI RI di Jakarta. 


Kunjungan kedua pentinggi Solok Selatan dan Darmasraya itu adalah mengusulkan jalan tembus Solok Selatan-Dharmasraya yang akan dijadikan barometer imprastruktur kedua daerah tetangga itu. 


Bupati Solok Selatan, H. Khairunas bersama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan lakukan koordinasi dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (7/9/2022) yang lalu. 


Kehadiran Kedua Bupati ini disambut langsung oleh Direktur Jendral (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.SC di ruang kerja dirjen bina marga, Jakarta. 


Saat diskusi, keduanya memaparkan pembangunan Feeder Tol Sungai Rumbai -Rengat dapat teruskan ke Kabupaten Solok Selatan. Bupati Khairunas menambahkan bahwa infrastruktur ini merupakan jalan strategis yang nantinya dapat membuat 4 kabupaten/kota terkoneksi. Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasaraya. 


Selanjutnya, Pemkab Solok Selatan berterimakasih atas dukungan dari Pemkab Dharmasraya dan siap secara intens bersama-sama melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat hingga rencana ini dapat direalisasikan.


Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi saat dikonfirmasi media ini usai rapat dengan OPD di ruang Tansi Ampek mengatakan,  dia bersama Bupati Darmasyara memiliki program yang sama di bidang imprastruktur kedua daerah. 


"Program yang kami bawa ke pusat itu berupa feeder tol Sungai Rumbai - Rengat dapat teruskan ke Kabupaten sangat dibutuhkan oleh kedua daerah, termasuk daerah kabupaten tetangga Kerinci," sebutnya.


Apalagi jika program ini disetujui pusat, sangat bermanfaat untuk semua khalayak ramai dengan meningkatnya perekonomian, apalagi daerah Solok Selatan ini ada perusahaan panas bumi geotermal PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) yang membutuhkan imprastruktur jalan yang sangat memadai. 


Keberadaan perusahaan panas bumi oleh PT Supreme Energy sangat membantu problem ketahanan nasional yang saat ini sedang melanda belahhan dunia, akibat dari perang Ukraina-Rusia. 


Hasil kunjungan dari Dirjen Wantanas ke Solok Selatan kemaren, mengatakan panas bumi yang ada di Solok Selatan ini mampu menjawab krisis ketahanan nasional dan inilah landasan kami berdua Bupati Solok Selatan dan Darmasraya memperjuangkan imprastruktur feeder tool Sungai Rumbai ini," kata Khairunas. (Abg)