Dandim 0310/SS Tinjau Giat Inovatif Babinsa, Food Estate dan Bedah Rumah Purnawirawan TNI di Sawahlunto -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Dandim 0310/SS Tinjau Giat Inovatif Babinsa, Food Estate dan Bedah Rumah Purnawirawan TNI di Sawahlunto

Rabu, 21 September 2022
Dandim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi, S.Sos, M.I.Pol., saat meninjau persiapan food estate.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Komandan Distrik Militer 0310/SS Letnan Kolonel Infanteri Endik Hendra Sandi, S.Sos, M.I.Pol., melaksanakan tinjauan kegiatan inovatif Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sersan Satu Karno, anggota Koramil 05/Talawi di bidang pertanian dengan tanaman produktif jenis Pinang Batara di lahan seluas sekitar setengah hektare (sekitar 400 batang) bertempat di Desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Rabu (21/9/2022). 


Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan mendukung Kota Sawahlunto sebagai kawasan lumbung pangan (food estate) di Provinsi Sumatera Barat, Kodim 0310/SS dipimpin Letnan Kolonel Infanteri Endik Hendra Sandi, S.Sos, M.I.Pol., bekerjasama dengan tokoh masyarakat Haji Jhon Reflita juga melakukan peninjauan persiapan lokasi penanaman jagung unggul di lahan seluas 2,5 hektare di Desa Kolok Mudik. 


Di hari yang sama, Dandim 0310/SS Letnan Kolonel Infanteri Endik Hendra Sandi, S.Sos, M.I.Pol., juga meninjau bedah rumah tak layak huni pensiunan TNI Kopral Satu (Purn) Dwi (71) yang beralamat di Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto.


Kegiatan bedah rumah tak layak huni bagi purnawirawan TNI ini di inisiasi Kodim 0310/SS bekerjasama dengan pengusaha tambang Haji Jhon Reflita selaku pemilik Izin Usaha Pertambangan CV Bara Mitra Kencana (BMK). 


Jelang peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-77 pada 5 Oktober 2022 mendatang, Komandan Kodim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi S.Sos.M.I.Pol., berpesan kepada jajarannya agar terus melakukan kegiatan yang inovatif, yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan prajurit itu sendiri.


Di wilayah binaan pun, aparat teritorial melalui Babinsa sebagai ujung tombak terus menggalakkan gerakan menanam dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar lingkungan tempat tinggal.


"Di samping sebagai upaya mengedukasi masyarakat akan hal ketahanan pangan, diharapkan dengan menanam tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya. 


Turut hadir dalam kegiatan Perwira Penghubung Sawahlunto Kapten Infanteri J Sitorus SE, Camat Kecamatan Barangin Subandi Arpan SH, Plh Danramil 05/Tlw Pelda Aspil, Anggota Koramil 01/Swl dan Koramil 05/Tlw beserta Unit Intel. (ton)