Diikuti Ribuan Pelajar SMP, Pemkab Sergai-SPS Sumut Gelar Kampanye Gemar Baca Koran Milenial -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Diikuti Ribuan Pelajar SMP, Pemkab Sergai-SPS Sumut Gelar Kampanye Gemar Baca Koran Milenial

Kamis, 15 September 2022
.


Perbaungan - Minat baca di kalangan pelajar masih tergolong rendah. Padahal lewat aktivitas membaca, banyak manfaat yang bisa didapat. Yang utama tentu wawasan bertambah. Jika wawasan luas, cara pandang dan kualitas pemikiran seseorang bisa makin baik. Selain buku, salah satu sumber referensi bacaan yang gampang diakses dan berkualitas adalah koran.


Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, saat membuka Kampanye Gemar Membaca Koran Milenial, yang dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki, Kelurahan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Rabu (14/9/2022).


Pada acara yang diikuti kurang lebih 1.500 siswa/i SMP negeri dan swasta di Kecamatan Perbaungan ini, Wabup bercerita jika dirinya sempat berlangganan surat kabar. Ia gemar mencari tahu informasi terbaru terkait ekonomi, politik, budaya, dan terutama olahraga sepakbola.


“Isi berita yang ada di koran ini diterbitkan setelah menjalani proses yang ada standarnya. Sehingga isinya bisa lebih dipertanggungjawabkan dibandingkan dengan informasi yang berseliweran di media sosial. Adik-adik sekalian bisa menjadikan surat kabar sebagai salah satu sumber referensi terpercaya untuk menambah wawasan,” ujar Adlin Tambunan.


Dirinya berpesan kepada siswa/i SMP yang jadi peserta dalam kegiatan ini agar mulai membiasakan diri gemar membaca, salah satunya dengan rajin membaca surat kabar. 


“Tidak semua tempat bisa dijangkau oleh badan, tapi cukup dengan membaca, kita bisa melihat dunia,” ungkapnya lagi.


Ia pun mengapresiasi Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Sumatera Utara yang telah menggagas terlaksananya kampanye membaca koran hari ini. Dia berharap agar kegiatan semacam ini bisa berkontribusi terhadap kualitas literasi generasi muda Sergai.


Di kesempatan ini juga, Wabup menyampaikan jika dalam waktu yang tidak lama lagi Pemkab Sergai akan membangun gedung perpustakaan. Diproyeksikan, bangunannya akan berdiri di sekitaran gerbang tol Teluk Mengkudu.


“Saya mengajak SPS nantinya bisa ikut berkontribusi mengisi fasiltas literasi yang ada di perpustakaan tersebut, misalnya dengan membuat corner berita atau semacamnya,” ucap Wakil Bupati.


Sementara itu Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik mengaku bangga dan bahagia atas terlaksananya Kampanye Gemar Membaca Koran Milenial ini. Ia melihat bagaimana ramai dan antusiasnya para peserta dari kalangan siswa/i SMP.


“Alhamdullilah, pelaksanaan perdana kampanye ini di Sergai berjalan dengan baik. Sebelumnya juga, Bupati Sergai Pak Darma Wijaya dan Pak Adlin juga merespons dengan baik keinginan kami untuk mengadakan gelaran ini. Kabupaten Sergai merupakan lokasi pertama di Provinsi Sumut diselenggarakannya kegiatan ini. Selanjutnya kegiatan serupa akan kami gelar di Kabupaten Langkat,” ujarnya.


Farianda berharap besar agar apa yang dilaksanakan pada hari ini bisa meningkatkan minat baca di kalangan pelajar sekaligus mengurangi ketergantungan pada gadget.


“Informasi yang ada dalam koran adalah produk jurnalistik, jadi isinya sudah teruji, tidak boleh sembarangan. Karena itu informasi yang ada di dalamnya bisa adik-adik sekalian jadikan sebagai referensi dan menambah khazanah pengetahuan,” pesannya.


Selain membaca koran massal, kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi kerja jurnalistik dan serba-serbi perusahaan pers yang materinya dibawakan oleh Sekretaris SPS Sumut, Rianto Ahgly.


Dalam Kampanye Gemar Membaca Koran Milenial ini, ada 10 media cetak yang ikut berpartisipasi yaitu Waspada, Analisa, Sumut Pos, Sumut 24, Medan Pos, Berita Sore, Metro 24, Harian Orbit, Sinar Indonesia Baru, dan Realitas. 


Hadir pada kegiatan ini mewakili Polres Sergai, mewakili Dandim 0204/DS, mewakili Kajari Sergai, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Asisten Ekbang Drs Nasrul Azis Siregar, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Kadis Perpustakaan dan Arsip Elinda Setianur, SE, Kadis Lingkungan Hidup Hedi Novria, SH, mewakili Kadis Pendidikan Sergai, Camat Perbaungan Muhammad Fahmi S.STP, M.AP, para pengurus SPS Sumut dan para guru pendamping siswa/I SMP di Kecamatan Perbaungan. (Sembiring)