Helikopter Black Hawk yang Diterbangkan Taliban Jatuh saat Latihan, 3 Orang Tewas -->

Iklan Atas

Helikopter Black Hawk yang Diterbangkan Taliban Jatuh saat Latihan, 3 Orang Tewas

Senin, 12 September 2022

Helikopter Black Hawk.


KABUL - Helikopter Black Hawk yang dioperasikan oleh Taliban setelah penarikan pasukan AS dari Afghanistan jatuh saat sesi latihan pada akhir pekan. Akibatnya dua pilot dan seorang awak helikopter tewas.  


Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan, insiden itu terjadi di Kampus Universitas Pertahanan Negara, Kota Kabul, pada Sabtu (10/9/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


"Black Hawk jatuh karena masalah teknis selama latihan. Lima awak helikopter juga terluka," kata Kementerian Pertahanan.  Ketika keluar dari negara itu tahun lalu, militer AS meninggalkan pesawat, kendaraan, senjata, dan perangkat keras lainnya senilai miliaran dolar. Banyak dari armada tersebut tidak dapat dioperasikan.


Beberapa helikopter juga diterbangkan oleh mantan pasukan pemerintah Afghanistan ke negara-negara Asia Tengah sebelum Taliban mengambil kendali penuh atas negara itu. Taliban telah berhasil memperbaiki beberapa pesawat, termasuk helikopter. Diyakini, helikopter itu diterbangkan oleh pilot mantan pasukan pemerintah. 


Rezim memamerkan serangkaian peralatan selama parade militer pada 31 Agustus lalu. Mereka merayakan ulang tahun pertama kembalinya Taliban memegang kekuasaan di Afghanistan. (*)