Jalan Aspal 20 Meter Amblas, Rumah Warga Terancam Longsor -->

Iklan Atas

Jalan Aspal 20 Meter Amblas, Rumah Warga Terancam Longsor

Minggu, 11 September 2022
Jalan aspal amblas tergerus aliran Sungai Bodar mengancam rumah warga di perumahan Griya Satria, Bantarsoka, Purwokerto.


Purwokerto - Jalan aspal di perumahan Griya Satria, Bantarsoka, Purwokerto, Kabupaten Banyumasamblas sedalam tiga meter. Jalan aspal sepanjang 20 meter itu amblas akibat tergerus aliran Sungai Bodas usai diguyur hujan deras selama empat jam.


Akibatnya, kawasan tersebut tidak bisa dilalui karena kondisi amblas nyaris mengenai semua badan jalan, sebagaimana dikutip iNews.id.


Tak hanya itu, amblasnya jalan ini juga merusak pagar tembok pembatas perumahan dan pohon rambutan serta merobohkan lampu penerangan jalan.


Yang lebih menghawatirkan, beberapa rumah milik warga perumahan setempat terancam longsor dan amblas akibat tergerus aliran Sungai Bodas ini.


Aparat setempat dan warga yang berada di lokasi kejadian untuk sementara hanya mengamankan jalan tersebut agar tidak dilewati warga maupun kendaraan yang akan lewat.


“Kejadian ini bermula saat hujan deras terjadi dan tiba-tiba terdengar suara gemuruh tanah amblas,” kata Ketua RW Perumahan Griya Satria Purwokerto, Sabtu (10/9/2022).


“Spontan warga terdekat yang mendengar kejadian ini segera mengecek lokasi dan mendapati kondisi jalan sudah amblas,” katanya.


Kondisi tebing di pinggir jalan milik Pemda ini sebenarnya sudah dilaporkan warga setempat kepada dinas terkait. 


Namun sebelum tebing pembatas jalan ini diperbaiki, hujan deras yang mengakibatkan sungai meluap ini melongsorkan tebing dan membuat jalan amblas.


Warga berharap pemerintah setempat segera melakukan perbaikan tebing jalan agar kejadian tersebut tidak meluas sehingga bisa merobohkan rumah-rumah warga sekitar lokasi kejadian.(*)