Kantor ATR/BPN Agam Targetkan 3.500 SHAT 2022 -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Kantor ATR/BPN Agam Targetkan 3.500 SHAT 2022

Senin, 05 September 2022

 

Kepala Kantor ATR/BPN Agam Saat berbincang dengan awak media

Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan 3.500 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan 4.500 Pemetaan  Bidang Tanah (PBT) pada tahun 2022.

Dari target  3.500 SHAT sebanyak 364 telah selesai, sedangkan untuk PBT sudah mencapai 100% yaitu sebanyak 4.500 bidang.

Kepala Kantor ATR/BPN Agam, Yunaldi ketika berbincang dengan awak media menyampaikan, untuk SHAT 364 bidang telah selesai itu berupa, yang sudah jadi sertifikat 17 bidang, potensi sertifikat 48 bidang dan bidang tanah yang telah selesai dilaksanakan sampai dengan tahap pengumpulan data fisik 299 bidang.

"PTSL 2022 Kabupaten Agam berada di tujuh nagari, yaitu Nagari Lasi, Bukik Batabuah, Biaro Gadang, Manggopoh, Ampang Gadang, Garagahan dan Lubuk Basung," katanya. Senin(5/9)

Ia menambahkan,untuk realisasi SHAT masih jauh dari yang diharapkan, untuk program PTSL 2022  kita target sebanyak 3.500 SHAT," ucapnya

Untuk bisa mencapai target Kantor ATR/BPN Agam melakukan beberapa strategi, seperti melakukan penyuluhan ulang kepada masyarakat juga  memperbanyak sosialisasi .

Untuk capaian SHAT agar 100%  petugas yuridis  berkoordinasi dengan wali nagari,tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

Dalam pengurusan PTSL tidak ada  biaya yang dibebankan pada masyarakat, dalam pengurusannya masyarakat diharuskan  melengkapi persyaratan yang diminta." tuturnya

Saat ini Kantor ATR/BPN Agam telah selesai melakukan PBT  sebanyak 4.500 bidang di Nagari Lasi dan Bukik Batabuah.

Dalam kesempatan itu Kepala ATR/BPN menghimbau warga agar segera  mengurus SHAT, dengan melengkapi Syarat untuk mendapatkan program PTSL Adapun syratnya, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat tanah yang bisa berupa letter C, akte jual beli, akte hibah atau berita acara kesaksian dan lainnya.(Yanto)