MIN 5 Solsel Wirausaha Bertenak Itik -->

Iklan Atas

MIN 5 Solsel Wirausaha Bertenak Itik

Kamis, 15 September 2022

Inilah salah satu jenis usaha wirausaha bertenak itik, yang dilakukan oleh sekolah MIN 5 Solok Selatan dalam rangka ketahanan pangan. Abg


Solsel, fajarsumbar.com---Untuk meningkatkan mutu sekolah dan ketahanan pangan, setiap sekolah Madrasah disarankan untuk berinovasi dengan berwira usaha. 


Satu satunya sekolah Madrasah melakukan program Kewira Usahaan itu adalah Madrsah Ibtidayah Negeri (MIN) 5 Solok Selatan yang berlokasi dipuncak Pekonina Alam Pauh Duo. 


Sebelum adanya instruksi dari Kementrian, sekolah ini telah dahuluan berinovasi dengan berbagai jenis wira usaha, termasuk beternak itik. 


Sekolah yang dipimpin oleh Joni Aprisal itu, sejak dua tahun yang lalu, telah. merobah sekolah ini menjadi sekolah berinovasi dan berwiranusaha. 


Hal ini disampaikan kepala sekolah Joni Aprisal kepada Medai ini disekolahnya, Kamis (15/9/2022), lebih jauh Joni Aprisal sekolah ini sudah sering dikunjungi okeh Ka Kamenag Solok Selatan, karena sekolah ini sangat berbeda dengan sekolah madrasah lainya. 


Disekolah MIN 5 yang memiliki luas lahan lebih kurang satu hektar ini, semenjak Saya menjadi kepala sekolah, semua lahan yang kosong dimanfaatkan dengan. berbagai kegiatan menanam, cabe, bawang, sayura sayuran, kolam ikan dan sebagainya, seperti inilah yang sangat diharaokan oleh Ka Kamenag Solok Selatan. 


Dalam berinovasi berwirausaha ini, Saya tidak sendirian, semua guru, tata usaha bahkan penjaga sekolah sangat mendukung dan sering membantunpekerjaan ini, dengan tidak meninggalkan Proses Belajar menagajar (PBM) 


"Proses Belajar Mengajar PBM tidak akan terganggu, " ucap pria bertubuh besar itu


Kini dengan usaha wiraswasta banyak keuntungannya, guru guru tidak lagi membeli kebutuhan sehari hari, bisa menikmati langsung sayur mayur, telur itik, bahkan ikan. 


Keluarga besar MIN 5 ini surah memiliki rausan ternak itik dengan memanfaatkan dilahan pakarangan belakang sekolah, sistim pengolahan hampir sama dengan pengusaha bagi hasil dengan pemilik, dan selehihnya dioergunakan untuk operasional dan kebutuhan sekolah.  


"Tujuan dari semua ini tidak lain adalah untuk memberikan motifasi kepada masyarakat dan guru disekokah, serta menguilangkan kejenuhan setelah keseharian mengajar," ucap kepsek yang hobi bertani itu. 


Tugas kepala Madrsayah itu bukan hanya mengatur atur disekooah saja, ada tiga tugas rutin kepala sekolah, pertama Manajerial, Superfisi, Kewirausahaan dannketiganya ini sudah Saya lakukan demi untuk kemajuan. sebuah pendidikan. Abg