Murid SMAN 1 Sawahlunto Napak Tilas ke Lima PTN Ternama di Pulau Jawa -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Murid SMAN 1 Sawahlunto Napak Tilas ke Lima PTN Ternama di Pulau Jawa

Jumat, 23 September 2022
.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Sebanyak 48 siswa siswi SMAN 1 Sawahlunto melaksanakan napak tilas ke Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada (UGM) selama 5 hari dari 19 hingga 23 September 2022.


Kunjungan SMAN 1 Sawahlunto ke Lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di pulau Jawa tersebut, besar harapan Kepala Sekolah SMAN 1 Sawahlunto, Jafrizal, agar siswa-siswi SMAN 1 Sawahlunto tetap semangat dan dapat masuk PTN terbaik di Indonesia. 


 "Sehingga, SMAN 1 Sawahlunto kembali masuk dalam sekolah 1.000 terbaik di Indonesia Versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)," harap Jafrizal kepada fajarsumbar.com melalui WhatsApp, Jumat (23/9/2022). 


Berikut rangkaian kegiatan kunjungan SMAN 1 Sawahlunto ke PTN di Pulau Jawa selama Lima hari;


1. Hari pertama, Senin (19/9/2022), Berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), keberangkatan pukul 09.25 ketibaan pukul 11.15. Kegiatan hari itu mengunjungi Wisata Ancol dan City Tour Jakarta (jelajah kota tua). Malamnya menginap di hotel di Jakarta. 


2. Hari kedua, Selasa (20/9/2022), mengunjugi Universitas Indonesia (UI). Saat kunjungan ke UI ini, kampus belum melakukan perkuliahan tatap muka sehingga peserta kunjungan tidak bisa mendengar presentasi dan informasi dari pihak kampus secara langsung. 


Namun rasa ingin tahu siswa siswi peserta kunjungan tentang seluk beluk, berbagai jurusan dan fasilitas di UI terobati oleh paparan langsung oleh alumni SMAN 1 Sawahlunto Fachri Inzaghi jurusan Administrasi pajak yang berkesempatan menyambangi rombongan disela-sela kesibukan kuliahnya.


Selesai mengunjungi kampus UI, rombongan langsung bertolak ke kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) . Di kampus IPB, peserta kunjungan disambut oleh perwakilan kampus bagian kemahasiswaan bidang promosi. Pada kesempatan ini kepala sekolah mempertanyakan ketiadaan jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dari IPB bagi siswa-siswi SMAN 1 Sawahlunto beberapa tahun terakhir. 


Dalam penyambutannya, pihak kampus menjelaskan bahwa mahasiswa yang masuk melalui jalur undangan (tentu mereka berprestasi di sekolah), di tahun pertama perkuliahan akan dipantau prestasinya. Jika tidak ada benang merah antara nilai akademik di sekolah (yang menyebabkan dia diterima di IPB) dengan nilai akademik di perkuliahan, ini akan berpengaruh signifikan terhadap kesempatan yuniornya untuk tahun- tahun berikutnya. 


Siswa-siswa peserta kunjungan sangat antusias mendengarkan presentasi tentang berbagai jurusan dan terobosan inovasi serta sekumpulan prestasi baru yang diraih IPB, selesainya sesi presentasi ini menyebakan para siswa saling mengacungkan tangan bertanya di sesi pertanyaan.


3. Hari ketiga, Rabu (21/9/2022). Mengunjungi ITB. Hari itu rombongan disambut di kampus ITB Jatinangor. Dalam presentasinya pihak kampus menjelaskan perkembangan ITB yang pesat dimana ITB saat ini sudah memiliki 3 kampus atau saat ini dikenal dengan ITB multi kampus.


Pengembangan kampus ini akan memperbesar daya tampung mahasiswa ke depannya. Pihak kampus memotivasi siswa siswi untuk menerapkan disiplin dan tekun dalam belajar/membaca, serta berlatih seperti test scholastic, hal ini berkaitan dengan perubahan sistem seleksi mahasiswa baru tahun 2023 sesuai dengan permendikbudristek nomor 48 tahun 2022 seperti kemungkinan cross jurusan. 


Pihak kampus juga menyampaikan beberapa hal yang menambah pengetahuan dan wawasan siswa-siswi antara lain tentang kiat membaca keketatan jurusan yang diinginkan sehingga memudahkan memilih jurusan. Di sini disampaikan juga berbagai beasiswa yang akan peroleh mahasiswa selama perkuliahan, dalam berbagai kesempatan rektor ITB selalu menyampaikan, "Jangan sampai mahasiswa Drop Out (DO) karena biaya". 


Pihak kampus menegaskan semua jurusan di ITB adalah unggulan dan ITB terkenal dengan ikatan kekeluargaan alumninya. Di kampus ITB ini siswa siswa peserta kunjungan juga bertemu dengan alumni SMAN 1 Sawahlunto Amanda Gusti Qawwiyu jurusan Bio Engineering yang membagi pengalaman memotivasi adik-adik kelasnya. Istimewa juga siswa siswi SMAN 1 Sawahlunto juga bertemu dengan ketua ikatan Alumni SMAN 1 Sawahlunto dan mereka saling berbagi oleh-oleh.


Melanjutkan kunjungan ke Universitas Padjajaran siswa-siswa disuguhi dengan presentasi dan kunjungan langsung ke laboratorium Fakultas Kedokteran UNPAD. Peserta kunjungan merasakan sensasi yang berbeda ketika harus melihat anatomi tubuh dan berbagai organ manusia secara langsung. Para siswa juga antusias ketika ditawarkan untuk praktik melakukan pemasangan kateter yang tidak pernah mereka temui di sekolah.


4. Hari ke 4, Kamis (22/9/2022). Universitas Gajah Mada adalah kampus terakhir yang dikunjungi oleh rombongan "Kunjungan ke PTN terbaik di pulau Jawa". Rombongan diterima di gedung arsip, peserta kunjungan menyimak penyajian dari pihak kampus antara lain: kiat masuk UGM, materi ujian masuk, jalur prestasi, berbagai raihan prestasi UGM tingkat regional maupun internasional. Semoga moto UGM "LOCALLY ROOTED, GLOBALLY RESPECTED" dapat diterima dan tertanam di sanubari SMAN 1 SAWAHLUNTO khususnya peserta kunjungan ini. Aamiin YRA.


Di akhir kunjungan ke perguruan tinggi terbaik ini peserta kunjungan di ajak berwisata sejarah ke candi Borobudur dan menikmati wisata Kota Jogyakarta sebelum bertolak ke Sawahlunto pada Jumat 23/9/2022. (rel/ton)