Ombak Besar tak Jadi Penghalang Pj Bupati Mentawai Kunjungi Korban Gempa di Siberut Barat -->

Ombak Besar tak Jadi Penghalang Pj Bupati Mentawai Kunjungi Korban Gempa di Siberut Barat

Sabtu, 03 September 2022
.


Mentawai, fajarsumbar.com - Pj Bupati Mentawai beserta rombongan Forkopimda, mengunjungi korban gempa bumi yang terjadi pada  29 Agustus 2022 di Desa Betaet Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jum’at (2/9/2022).


Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan mengatakan, dia hadir untuk melihat korban gempa jauh terisolir di Pulau terluar secara langsung melihat kondisi yang kena dampak gempa bumi. Walau cuaca sangat ektrim ombak lautnya yang tinggi, menghadang rombongan bertekad untuk bisa hadir di tengah masyarakat yang kena musibah gempa secara langsung.


Pj. Bupati Martinus Dahlan menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kecamatan simalegi secara simbolis berupa sembako, obat-obatan dan tenda.


Di samping itu, Pj.Bupati juga berpesan kepada tenaga medis yang ada di Siberut Barat agar dapat memperhatikan kesehatan masyarakat pasca gempa. Saat ini, bantuan logistik dan makanan masih dalam perjalanan menuju Siberut Barat. Hal itu disebabkan, kondisi cuaca yang belum memungkinkan untuk sampai ke lokasi.


Martinus Juga menyampaikan "Bahwa sudah membuat rapat untuk penangan darurat bencana selama 21 hari dapat menghitung kerusakan gedung pemerintah dan tempat ibadah dan rumah masyarakat yang rusak kena dampak gempa bumi beberapa hari yang lalu. Penangganan dengan cepat,walaupun kondisi pulau terluar ini sangat ektrim lautnya, kita berupaya bekerja keras. Dengan semangat serta kerja keras dalam situasi seperti sekarang ini," ujar Martinus.


Martinus mengharapkan kepada masyarakat  supaya tetap waspada terhadap gempa susulan. Kepada  masyarakat untuk selalu tenang dan tidak usah kalud dengan situasi saat ini. karena pemkap  akan selalu berkordinasi dengan BMKG untuk dapat mengatasipasi situasi gempa 


“Informasi terakhir, kapal Km. Nade sudah sampai di Pokai, Kecamatan Muara Sikabaluan. Karena kondisi cuaca yang belum kondusif, berkemungkinan perjalanan akan dilanjutkan besok pagi, hari ini. Namun, untuk warga Siberut Barat, kebutuhan masyarakat masih tersedia untuk beberapa hari ke depan,” ungkapnya.


Dengan Kehadiran Pj. Bupati Mentawai bersama rombongan membuat masyarakat antusias. Membuat rasa semangat mayarakat bangkit kembal, pasca gempa. Masyarakat sangat senang dalam penangan bencana ini sangat cepat naik bantuan sembako dan obat-ibatan dan lain -lainnya.


Walau desa Simatalu, Desa Simalegi Betaet sangat jauh dari kota, karena itu persiapan Pemerintahan Kepulauan Mentawai jauh sebelumnya sudah diantisipasi untuk kepulauan terluar ini yang sudah menjadi zona gempa. Pemeritah Daerah bersama masyarakat walaupun ada kekurangan sana sini, tetap bisa di atasi dengan semangat kebersamaan masyarakat, kekurangan itu adalah transportasi antar desa.(Chan)