Pemkab Agam Gelar Goro Bersihkan Permukaan Danau Sukseskan Revitalisasi Danau Maninjau -->

Iklan Atas

Pemkab Agam Gelar Goro Bersihkan Permukaan Danau Sukseskan Revitalisasi Danau Maninjau

Rabu, 14 September 2022

 

ASN bersama Warga membersihkan Enceng gondok yang berada dipermukaan Danau di kawasan wisata Linggai Park,

Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Pemerintah Kabupaten Agam dengan berapa OPD terkait serta Pemerintahan Nagari  Duo Koto laksanakan gotong royong membersihkan permukaan Danau Maninjau dari Enceng gondok  dan limbah rumah tangga di objek wisata Linggai Park,  Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya Rabu (14/9)


Terlihat ratusan orang berbaur bekerjasama untuk mengangkat Enceng gondok dan sampah rumah  tangga , selanjutnya dikumpulkan untuk diangkut ketempat pembuangan sampah akhir  Nagari Duo Koto. Tanjung Raya.


Alroza koodinator Satgas Save Danau maninjau menyampaikan, kegiatan Goro membersihkan Danau maninjau merupakan agenda rutin yang dilakukan Pemkab Agam bersama  satgas save Maninjau lebih kurang selama lima tahun  dilima titik seputaran danau.


"Goro membersihkan permukaan danau Maninjau sudah berjalan hampir lima tahun, dengan melibatkan OPD terkait didukung oleh satgas save Danau Maninjau, dimana tiap Nagari selingkar danau Maninjau mengirim sepuluh orang warganya untuk ikut bersama - sama di dalam satgas save Danau Maninjau tersebut." Katanya.


Untuk Goro kali ini ada tiga titik pelaksanaan, kawasan objek wisata Linggai Park,  Muko - Muko, dan Banda Kualo, dan kegiatan hari ini dipusatkan dikawasan Wisata Linggai Park.


"  Nantinya enceng gondok dan limbah rumah tangga  dikumpulkan untuk dibawa ke TPS 3R Lansani Pintar milik kelompok di Nagari Dua Koto.


Di TPS 3R Lansani Pintar enceng gondok dipisahkan dengan limbah rumah tangga, untuk Enceng gondok diolah menjadi pupuk kompos,"ucapnya 


Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam Arif Restu mengatakan, Goro membersihkan permukaan danau  bertujuan mensukseskan Revitalisasi Danau Maninjau dari pencemaran untuk menunjang sektor pariwisata sebagai salah satu program unggulan dari pemerintah Kabupaten Agam, "Katanya


Lebih lanjut beliau menyampaikan, tentang melibatkan OPD dalam Goro, agar masyarakat bisa merasakan kepedulian Pemkab Agam,akan kelangsungan danau Maninjau sangatlah besar, dan berharap kedepannya untuk bersama sama mengembalikan danau Maninjau sebagai salah satu destinasi wisata yang membanggakan Agam.(Yanto)