Penipu Catut Nama ASN Kota Padang, Pinjam Uang untuk Keperluan Puluhan Orang Nyaris Jadi Korban -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Penipu Catut Nama ASN Kota Padang, Pinjam Uang untuk Keperluan Puluhan Orang Nyaris Jadi Korban

Rabu, 14 September 2022
.


Padang, fajarsumbar.com - Modus penipuan melalui aplikasi WhatsApp (WA) meresahkan warga Kota Padang. Kali ini modusnya penipu memasang foto profil WA orang lain dan meminta sejumlah uang untuk transfer dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.


Seperti dialami salah seorang ASN di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Linda Asmi. Linda warga Lubuk Basung ini kaget karena mendapat kabar sejumlah temannya. Fotonya dijadikan profil dengan nomor WA +62-0813-6374-0279 digunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk meraih keuntungan dengan cara menipu dengan meminjam sejumlah uang.


"Tolong blokir saja WA-nya. Saya sudah banyak dapat kabar dari teman-teman mengatasnamakan saya dengan menggunakan foto profil saya, kemudian meminjam sejumlah uang," ujar Linda Asmi ketika dikonfirmasi, Rabu (14/9/2022).


Menurutnya, beberapa hari belakangan ini ia diresahkan atas ulah oknum yang tidak bertanggungjawab tersebut. "Saya sudah share ke grup WA dan Face Book, jika ada orang yang mengatasnamakan saya meminjam uang dan minta ditransferkan ke rekeningnya, tolong diabaikan, sebab itu bukan saya," ujarnya kepada fajarsumbar.com.


Sebelumnya, Andri salah seorang teman Linda mengabarkan baru saja mendapat pesan dari sebuah nomor tidak dikenal namun terdapat foto Linda Asmi di profil WA tersebut.


Orang yang mengaku Linda tersebut menggunakan nomor +62-0813-6374-0279 dan meminta untuk transfer sejumlah uang. Bahkan pesan yang sama juga dikirimkan kepada Nomor HP teman Linda lainnya.


.


Lantaran curiga, Andri langsung menghubungi Linda di nomor yang biasanya. Kontan saja, Ibuk tiga anak dan dua cucu ini kaget karena tidak merasa meminta.


Setelah dicek ternyata, nomor yang menghubungi bukan nomornya tetapi memakai foto dirinya.


Menanggapi itu ia langsung memberikan klasifikasi bahwa nomor hand phonenya satu. "Sampai saat ini nomor HP dan WA saya masih yang lama, belum ditukar," ujarnya.


“Apabila ada yang menggunakan foto profil saya dengan menggunakan No HP lain, di luar No HP saya, tolong diabaikan. Jangan ditanggapi karena itu adalah penipuan yang mengatasnamakan saya. Blokir saja,” tegasnya.


Atas kejadian tersebut, Linda akan melaporkan nomor tersebut ke Telkomsel untuk diblokir. “Nanti saya laporkan ke Telkomsel agar tidak ada yang jadi korban penipuan,” pungkasnya. (ab)