Peringatan Cuaca BMKG 2 September 2022, Sejumlah Provinsi Hujan Lebat -->

Iklan Atas

Peringatan Cuaca BMKG 2 September 2022, Sejumlah Provinsi Hujan Lebat

Jumat, 02 September 2022

BMKG memprediksi hujan lebat di sejumlah provinsi, Jumat (2/9/2022).


JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca, Jumat (2/9/2022). Hujan lebat akan mengguyur sejumlah provinsi.


Dilansir dari laman BMKG, provinsi yang berpotensi hujan lebat adalah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, sebagaimana dikutip iNews.id.


Kondisi yang sama juga akan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat.


BMKG menjelaskan, sirkulasi siklonik berada di Sulawesi bagian tengah dan di Laut Sulawesi telah membentuk daerah konvergensi. Di antaranya memanjang di wilayah Sulawesi bagian tengah, di Laut Sulawesi. Berikutnya dari Laut Jawa hingga Kalimantan Timur, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, dan dari Maluku hingga Laut Maluku.


Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Bengkulu hingga Samudra Hindia barat daya Lampung, di Aceh, di Sumatera bagian tengah dan selatan, di Laut China Selatan, dari Kalimantan Tengah hingga Laut Sulu, di utara Kalimantan Utara, di Maluku Utara, dari Laut Seram hingga Laut Maluku, dan dari Papua hingga Papua Barat.


"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut," tulis BMKG.(*)