Peringati Dies Natalis Ke 66, Unand Ujudkan, Kampus Terkemuka dan Bermartabat -->

Iklan Atas

Peringati Dies Natalis Ke 66, Unand Ujudkan, Kampus Terkemuka dan Bermartabat

Selasa, 13 September 2022



.Rektor Unand Prof Yuliandri Dies Natalis Ke 66 Tahun 2022
Padang - Universitas Andalas (Unand) Padang, merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang memberikan kesempatan bagi sumber daya manusia untuk melakukan pemengabdian dan berkarya.

"Sivitas Akademika diberikan kebebasan dan kesempatan untuk mengekspresikan bakat, skil dan pengetahuan yang dianugrahkan oleh Allah Swt kepada kita", ungkap Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri. SH. MH dalam laporan kinerja Unand pada Diesnatalis Unand ke 66 Tahun 2022, bertajuk "Inovasi untuk Kejayaan Bangsa" di Compention Hall Kampus Limau Manis Padang, Selasa (13/09/2022).

Rektor Unand Prof Yuliandri lebih jauh mengatakan, Unand terus melakukan inovasi dan transformasi pendidikan tinggi sebagai upaya mewujudkan kampus yang terkemuka dan bermartabat.

Dengan bergulirnya waktu, Unand yang kini telah berusia 66 Tahun, terus mengalami kemajuan yang signifikan sebagai Institusi Perguruan Tinggi di Indonesia.

Menurutnya, Unand juga memikiki potensi yang besar dan terus berupaya maju, mulai dari segi SDM, fasilitas pendidikan, prasarana, sumber keuangan sendiri serta jejaring kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar Negeri, bahkan dengan Pemerintah dan dunia usaha.

Selain itu, Unand juga melakukan inovasi dan transformasi pendidikan tinggi sebagai upaya mewujudkan kampus yang terkemuka dan bermartabat.

"Melalui satu tahun Unand yang telah berubah status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), maka Unand terus melakukan berbagai inovasi dan transformasi pendidikan lewat berbagai upaya,"imbuhnya.

Salah satu tugas Perguruan Tinggi, terutama mencerdaskan kehidupan bangsa melalui salah satu upaya yang bisa diwujudkan dengan terus berinovasi.

Keberhasilan yang capai Unand saat ini, "Alhamdulilah, Unand berada pada rangking 14 QS World University Rangking dan urutan ke 12 webometrics rangking perguruan tinggi Indonesia 2022, kemudian Unand juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Dikti sebagai PTN BLU yang mencapai indikator kinerja utama 6 tertinggi, sedangkan dari segi kinerja riset dan inovasi 2022, Unand berada pada urutan ke sembilan dengan 128 departemen dan 1.430 peneliti", sebut Prof Yuliandri.

Pada bulan April 2022, Unand juga mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkum Ham RI sebagai Perguruan Tinggi dengan permohonan kekayaan intelektual terbanyak bidang Hak Paten dan desain industri.

Untuk memperkuat riset saat ini tengah dibangun Laboratorium Sentral seluas 2.700 meter per segi dengan anggaran sebesar Rp67,8 miliar.

"Pada 2023 juga dianggarkan Rp140 miliar untuk pengadaan peralatan laboratorium dan fasilitas penunjang bersumber dari Kemendikbudristek," ungkapnya.

Guna mewujudkan transformasi pendidikan telah digagas pula kampus cerdas melalui pembangunan taman digital bekerja sama dengan PT Telkom, sedangkan kecepatan perkembangan teknologi serta inovasi digital itu bisa mengubah orientasi pengajaran dan pembelajaran.

Terkait dengan hal itu, ujar Prof Yuliandri, Unand ke depan akan memaksimalkan sistem digital, meningkatkan keterampilan dan kemampuan digital sebagai bekal lulusan menghadapi perubahan dunia kerja.

Dies Natalis Ke 66 Unand Tahun 2022 itu, diantaranya ditandai dengan 
peluncuran website Unand yang terbaru, unandhttp://www.unand.ac.id, oleh Rektor Unand Prof. Dr.Yuliandri. SH. MH, kemudian penyerahan secara simbolis, penganugrahan
Sateya Lencana Karya Sateya Lencana Karya dari Presiden Republik Indonesia kepada Dosen dan Karyawan yang telah berkarya selama 30 Tahun 20 dan 10 Tahun. (RDz )