Peringati Haornas, Pemkab Solsel Beri Penghargaan 10 Atlet Terbaik -->

Iklan Atas

Peringati Haornas, Pemkab Solsel Beri Penghargaan 10 Atlet Terbaik

Senin, 12 September 2022

Seluruh ASN Pemkab Solok Selatan, menghadiri acara Hoarnas ke-39 di depan kantor bupati setempat.


Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan peringati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke -39 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Minggu (11/09/2022).


Pada momen peringatan Haornas tersebut, Pemkab berikan apresiasi kepada atlet, putra putri terbaik Solok Selatan yang telah mencetak prestasi dan membanggakan kabupaten.


Penghargaan diberikan kepada 10 orang yang telah berhasil memperoleh empat medali emas, empat medali perak dan dua medali perunggu pada ajang perlombaan olahraga nasional dan tingkat Sumatera Barat.


Medali yang diperoleh skala nasional sebanyak tujuh medali, dengan rincian dua medali emas, empat perak dan satu perunggu. Perolehan prestasi tersebut adalah mewakili Sumatera Barat dalam gelaran even  Federasi Olahraga Nasional (Fornas) ke-VI cabang Induk Olahraga Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia (INORGA AKTI) di Jakabaring, Palembang pada bulan Juli 2022 lalu.


Sementara itu, tiga medali lain diperoleh dalam Kejuaraan Provinsi Karate FORKI Tingkat Sumatera Barat pada Bulan Agustus 2022, dengan rincian dua emas dan satu perunggu.


Bupati Solok Selatan H Khairunas yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI mengatakan peringatan Haornas ditandai dengan bangkitnya ekonomi dan produktifitas masyarakat melalui olahraga. 


Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah Panjang. Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science.


Salah satu upaya dan komitmen Pemkab Solok Selatan dalam menggairahkan olahraga adalah dengan menggelar even rutin setiap minggu, yaitu Car Free Day (CFD), dan Gowes bersama setiap bulannya.


Hal tersebut telah selaras dengan optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Dimana gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup.


Peringatan Haornas ke-39 Tahun 2022 di Solsel juga dibarengi dengan pelaksanaan Car Free Day (CFD) yang diawali dengan senam bersama di halaman Kantor Bupati. 


CFD kali ini juga turut dimeriahkan dengan penampilan Perkusi dan Pencak Silat dari siswa siswi SMPN 14 Solok Selatan. Tak lupa doorpice bagi peserta yang beruntung yang disedikan oleh Pemkab Solsel, PDAM Tirta Saribu Sungai dan Bank Nagari. 


Peringatan Haornas juga turut diikuti Wakil Bupati H YulianEfi, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, Asisten, Staf ahli, Kepala OPD serta ratusan pelajar dan masyarakat yang ikut mememeriahkan.(Abg)