Pessel Jadikan Makan Ikan Budaya Nasional -->

Iklan Atas

Pessel Jadikan Makan Ikan Budaya Nasional

Kamis, 01 September 2022
.


Pessel - Ketua Forum Peningkatan Makan Ikan (Forikan) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Yunesti Rusma Yul Anwar menargetkan makan ikan menjadi budaya nasional.


Target itu ia sampaikan dalam sebuah pantun saat memberikan sambutan usai pelantikan, burung camar makan di kanal, kanal dipagar kawat dan lontar. Jadikan gemar makan ikan budaya nasional, agar masyarakat sehat dan pintar.


"Karena kandungan dan nilai gizi ikan itu sangat dibutuhkan tubuh agar sehat, begitu juga untuk tumbuh kembang otak anak," ungkapnya usai pelantikan di Painan.


Pelantikan yang dilakukan Bupati Rusma Yul Anwar itu turut dihadiri Wakil Ketua Forikan Sumatera Barat Yolia Madona, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pesisir Selatan Firdaus.


Pembentukan dan pelantikan Forikan Pesisir Selatan turut dimeriahkan dengan lomba memasak berbahan dasar ikan yang diikuti peserta dari 15 kecamatan yang ada di daerah itu.


Ia melanjutkan keberadaan dan tujuan Forikan sejalan dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ke depan, yakni menciptakan sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing dan sejahtera.


Perwujudan itu mesti dimulai dari keluarga yang sehat, karena gizi yang seimbang mustahil daerah mampu menciptakan generasi yang unggul, berdaya saing dan sejahtera.


"Jadi, kami melalui Forikan tentu mengajak pemerintah daerah untuk bersama-sama mewujudkannya," terang perempuan yang juga Ketua TP PKK Pesisir Selatan itu.


Terkait upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat ia menyampaikan Forikan bakal melakukan berbagai inovasi pangan olahan berbahan dasar ikan yang berkualitas dan dapat diterima pasar.


Mengoptimalkan industri pangan berbasis ikan melalui gerakan industri rumah tangga, sehingga ibu-ibu rumah tangga memiliki sumber pendapatan baru untuk menunjang ekonomi keluarga.


Kemudian menggencarkan gerakan gemar makan ikan sebagai salah satu upaya Forikan membantu pemerintah menekan kasus gizi buruk stunting, khususnya di Pesisir Selatan.


"Artinya, kita harus mengoptimalkan potensi besar yang dimiliki daerah ini untuk dapat tumbuh dan maju lebih jauh lagi," tuturnya.(wandi)