Ratusan Anak Usia Dini di Banuhampu Peragakan Manasik Haji -->

Ratusan Anak Usia Dini di Banuhampu Peragakan Manasik Haji

Senin, 12 September 2022
.


Agam - Sebanyak 734 anak usia dini di Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, ikuti peragaan manasik haji, di lapangan bola Pakan Sinayan, Senin (12/9).


Panitia pelaksana, Syefrina menyebutkan, peragaan manasik haji massal ini agenda Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) Kecamatan Banuhampu.


“Alhamdulillah, kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali yang sempat vakum 2 tahun dampak pandemi,” ujarnya.


Peragaan dilakukan sebagaimana manasik haji sesungguhnya, yang diikuti 734 anak usia dini dari 13 TK/PAUD se-Kecamatan Banuhampu.


Peragaan manasik haji ini katanya, untuk menanamkan rasa syukur, ketaqwaan, keimanan dan memperkenalkan rukun Islam kelima pada anak usia dini.


Dengan begitu, diharapkannya bisa lahir generasi penerus yang menjadi tumpuan bangsa dan agama.



“Generasi tidak hanya harus berkarakter, tapi juga kuat jasmani dan rohaninya serta termotivasi laksanakan haji sesungguhnya,” sebutnya.


Sementara itu, Kepala Disdikbud Agam, Isra mengatakan, sebelum pandemi peragaan manasik haji ini dilaksanakan seluruh kecamatan yang ada di Agam.


“Bahkan ada beberapa kecamatan dengan jumlah terbanyak diantaranya Banuhampu,” katanya.


Setelah Banuhampu, ia mengimbau kecamatan lain agar kembali melaksanakan peragaan manasik haji bagi anak usia dini ini.


Menurutnya, peragaan manasik haji besar manfaatnya untuk menanamkan pendidikan akhlak dan budi pekerti bagi anak usia dini.


“Karena jika ditanamkan sejak dini, apa yang diberikan akan membekas pada diri mereka ketika dewasa nanti,” ujarnya.


Untuk itu, ia juga mengajak guru TK/PAUD agar membimbing anak usia dini dan melatihnya di bidang keagamaan, membaca serta menghafal Al-Qur’an, salat dan lainnya. (yanto)