Ternyata Biaya Konversi Motor BBM ke Listrik Saat Ini Segini -->

Iklan Atas

Ternyata Biaya Konversi Motor BBM ke Listrik Saat Ini Segini

Selasa, 20 September 2022

Ternyata biaya konversi motor BBM ke listrik saat ini segini.


Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, konversi motor bahan bakar fosil menjadi listrik membutuhkan biaya sekitar Rp15 juta per unit. Itu berdasarkan perkiraan dengan kondisi saat ini. 


“Sekarang ini yang diperkirakan dengan kondisi harga di dunia yang lagi meningkat diperkirakan biaya sampai Rp15 juta per motor,” kata dia saat di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/9/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


Dia menuturkan, pemerintah masih mengkaji sejumlah paket insentif agar harga konversi motor listrik terjangkau untuk masyarakat. Di samping itu, kementerian terkait juga sedang membahas beberapa subsidi untuk ikut mendukung percepatan peningkatan pembelian kendaraan listrik di tengah kampanye pemerintah untuk beralih pada energi nonfosil belakangan ini.


"Apakah separuhnya dibantu (pemerintah), separuhnya oleh pemilik motor dan pemilik motor bisa mendapatkan dukungan pinjaman dari perbankan,” ujarnya. Meski demikian, menurut dia, harga konversi untuk beralih ke daya listrik perlahan akan murah ke depan. Jika penggunaan kendaraan listrik makin banyak disertai dengan pemberian subsidi maka harganya akan semakin murah. 


"Harga tadi masih harga 10 sampai 100 unit tapi kalau ini sudah masif dan kemudian ada insentif lain pasti juga akan turun,” kata dia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menginstruksi jajarannya di pemerintah pusat dan daerah menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas sehari-hari. 


Itu tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Instruksi ini dikeluarkan pada 13 September 2022 dan diterapkan sejak pertama kali aturan tersebut dirilis.(*)