Tim Wantannas Kunjungi PT SEML -->

Iklan Atas

Tim Wantannas Kunjungi PT SEML

Kamis, 08 September 2022

Tim Wantanas RI lakukan tinjauan kelokasi panas bumi Geotermal PT Supreme Energy Muara Laboh, didampingi sejumlah petinggi SEML.


Solsel, fajarsumbar.com - Perusahaan panas bumi Geotermal PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) dikunjungi oleh tim Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI. 


Rombongan tim Wantannas ini terdiri dari Mayjen TNI Syachariyal. E Siregar, Brijen TNI Elpis Rudi, Brigjen TNI Suherlan, KBP Yulias, Kolonel CKu ( K) Siti Aminah. 


Setibanya rombongan Wantannas di perusahaan panas bumi, Kamis (8/9/2022), rombongan Wantannas itu disambut oleh Managemen PT SEML diantaranya Novi Ganefrianto Vice Presiden Eksploration & Subsurface, Munggang Hendro Purnanto Plant Manager, Erwin Patrisa Floris Site Support Manager


Vice Presiden Eksploration dan Susurface Nofi dalam paparannya dihadapan tim Wantannas mengatakan. panas bumi merupakan posisi yang sangat strategis dalam ketahanan nasional dari posisi pertumbuhan ekonomi.


Kehadiran panas humi PT SEML ini sangat tepat dan jauh dari pusat kota. "Ini sudah kami persembahkan untuk masyarakat Solok Selatan, hasil ini bukan masyarakat Solok Selatan saja yang menikmati, namun banyak daerah tetangga lainnya, termasuk Provinsi Sumatera Barat," ujarnya.


"Kita sangat diberkahi dengan masih adanyanoanas humi dan masih bisa dikelola. Bagaimana hal ini bisa kita kelola dengan baik, karena stikholder diperusahaan sering lakukan sosialisasi dan pedekatan ketengah tengah masyarakat,"  sambungnya.


Apa yang dipertanyakan masyarakat, terkait dengan tenaga kerja untuk putra daerah, sudah dilihat banyak putra daerah sudah dimanfaatkan oleh perusahaan Sumittomo itu. 


Mereka dipekerjakan sesuai SDM yang handal, puluhan tenaga kerja handal putra daerah saat ini banyak diposisikan di jantung koordinat seperti di room control atau ruang kontrol. Sebab posisi tersebut tidak sembarangan orang di sana, karena semua pergerakan dan aktivitas kegiatsn panas bumi, merekalah yang mengaturnya dengan ilmu mereka yang handal. 


Mayjen TNI Syafril Siregar mengatakan, Dewan Ketahanan Nasional ini bertugas membuat kebijakan, pembinaan bangsa dan negara, resiko ketahanan. 


"Mengapa kami datang ke Solok Selatan ini, kami memilikinorogram dalam melakukan pengamatan penelitian pengkajian terhadap ketahanan energi. 


"Kita sadar bahwa tanpa energI kita akan loyo, apalagi bumi ini. Kita harus kuat maka dari itu ketahanan pangan dan energi harus dijaga dengan sempurna," tambahnya.


Menurutnya tim telah mengamati,  perlu meningkatkan pengamanan energi, dibelahan dunia terjadi banyak konflik, konflik negara Ukraina dengan  Rusia berdampak kepada ketahanan dunia.


Baik itu energi, keuangan air, konflik kemanusiaan dan konflik lainnya, yang membawa petaka bagi dunia. 


Panas bumi sangat diharapkan untuk mengatasi konflik ini, salah satu yang dibanggakan adalah panas bumi PT SEML yang saat ini keberadaanya sangat tepat dan harus dilindungi. 


Hasil dari kunjungan tim itu  ke lokasi panas bumi, sungguh sangat luar biasa, lahannya yang  indah, bagus, luas, serta jauh dari keramaian. 


"Namun di sekitar lokasi panas bumi. masih ada aktivitas masyarakat dan kayu kayu besar. Kalau bisa jangan ada lagi aktivitas masyarakat di sekitar lokasi panas bumi ini," pinta Sahriyal. 


Semua  bisa rentan akibat dari konflik konflik, maka dari itu berharap kepada masyarakat agar selalu lakukan ketahanan pangan seperti menanam cabe, bawang, dan sebaginya, serta jangan ada laginistilahnya lahan tidur. 


"PT Supreme Energy Muara Laboh ini sangat berdampak pada ketahanan nasional, maka dari itu mari kita dukung agar PT SEML berjalan lancar dan sampai akhir zaman, " pintanya lagi. 


"Saya bersama tim Wantanas, yakin akan ada pembangunan tahap kedua, dan akan bawa persoalan ini ketingkat lebih atas (Presiden)," terangya.(Abg)