TP-PKK Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi Kaji Tiru Ke Tanah Datar -->

TP-PKK Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi Kaji Tiru Ke Tanah Datar

Rabu, 14 September 2022

Wakil Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny Patty Richi Aprian foto bersama dengan rombongan kaji tiru TP-PKK Sungai Penuh, di Gedung Indo Jolito Batusangkar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, menerima kunjungan rombongan kaji tiru TP-PKK Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi, yang dipimpin langsung Ketua TP-PKK Kota Sungai Penuh Ny. Herlina Ahmadi, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Selasa (13/9). 


Ny. Patty Richi Aprian sampaikan, kemajuan teknologi memang memberikan kemudahan dalam berbagai urusan, begitu juga dengan sistem pelaporan pada sebuah institusi maupun personal. Saat ini untuk membantu memudahkan sistem pelaporan dan juga terkoneksi, berbagai aplikasi diciptakan seperti halnya e-PKK di Tanah Datar, yang diberi nama Sistim Informasi Administrasi Pendataan (SIAP) PKK. 


"SIAP PKK merupakan suatu aplikasi dengan sistem website dan android, yang memudahkan dalam pengisian data, mengoptimalkan administrasi dan pelaporan 10 Program Pokok PKK dan Dasawisma," sampai Patty. 


 Ny. Patty tambahkan, Tanah Datar terdiri dari 14 Kecamatan, 75 Nagari dan 395 Jorong, dengan jumlah penduduk menurut data tahun 2021 sebanyak 374.431 jiwa, dan jumlah dasawisma sebanyak 4.625 kelompok.


Dikatakan Ny. Patty Richi Aprian, dalam menunjang tertib administrasi 10 program pokok PKK terkhusus kelengkapan data, TP-PKK Tanah Datar menggandeng Dinas Kominfo Tanah Datar, dan melaunching suatu aplikasi yang diberi nama SIAP PKK. 


"Kita telah melaunching SIAP PKK, yang mana ini guna menertibkan administrasi PKK mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Nagari hingga Jorong. Saat ini di Tanah Datar kelompok dasawisma dari 4.625, tumbuh sebanyak 1.885, berkembang 1.861 dan maju 879 kelompok dasawisma," ujarnya.


Pada kesempatan itu Ny. Patty juga menyebutkan, berbagai prestasi yang diraih TP-PKK Tanah Datar seperti, Juara Umum Jambore Kader Berprestasi Tingkat Sumatera Barat tahun 2022, Juara I Dasawisma Tingkat Provinsi Sumbar, Juara I Lomba rancangan busana kembaran PKK tingkat Provinsi Sumbar dan banyak lagi prestasi yang diraih. 


Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Sungai Penuh Ny. Herlina Ahmadi mengatakan, Kota Sungai Penuh terdiri dari 8 Kecamatan, 65 Desa dengan 1.005 kelompok dasawisma. 


"Saat ini di Kota Sungai Penuh yang menjadi kendala yaitu permasalahan sampah, dari itu kita TP-PKK merasa terpanggil dan menggerakkan kelompok-kelompok dasawisma, yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) bagaimana cara mengolah sampah, sehingga bermanfaat kembali seperti aneka kerajinan, sampah basah diolah menjadi magot, yang dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk," ucapnya. 


Turut hadir saat kaji tiru tersebut Sekretaris Dinas Kominfo Tanah Datar Lovely Harman, Kabid Pemberdayaan Dinas PMDPPKB Poppy Aziz dan Pengurus TP PKK Tanah Datar. (*/F12)