SMPN 1 Payakumbuh Dipercaya Pemerintah Pusat Kelola BOS Kinerja Prestasi Dipercaya Pemerintah Pusat Kelola BOS Kinerja -->

SMPN 1 Payakumbuh Dipercaya Pemerintah Pusat Kelola BOS Kinerja Prestasi Dipercaya Pemerintah Pusat Kelola BOS Kinerja

Jumat, 23 September 2022
Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Defi Marlitra sedang mengikuti Bimtek BOS Kinerja Prestasi 2022 di Tangerang - Banten


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Setelah sebelumnya, Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra, M. Pd mendapat undangan untuk mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. H. Dasril, M. Pd untuk menerima anugerah pendidikan Indonesia Ikatan Guru Indonesia (API IGI) di JCC Senayan Jakarta pertengahan September lalu, itu merupakan sebuah sukses besar Defi Marlitra selaku Ketua IGI Kota Payakumbuh.


Tak cukup sampai disitu, hanya berselang beberapa hari, sukses tersebut kembali disusul keluarga besar SMPN 1 Payakumbuh. SMPN 1 Payakumbuh bethasil meraih Akreditasi A Plus dari Badan Akreditasi Nasional, dengan skor 95. 


Selanjutnya, dengan banyak prestasi yang diraih SMPN 1 Payakumbuh di tingkat nasional, baik dari siswa maupun oleh tenaga pendidiknya. Hal ini yang membuat SMPN 1 Payakumbuh dipercayai mengelola Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berbasis Kinerja. Untuk tingkat SLTP Negeri, hanya SMPN 1 Payakumbuh yang menerima rewar ini dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sebagaimana tertera pada surat Kepala Pusat Prestasi Nasional bernomor : 1248/J3/PN.04/2022 tanggal 14 September 2022, hal undangan Bimtek BOS Kinerja Prestasi Wilayah I.


Bimtek tersebut akan diikuti Defi Marlitra mulai tanggal 19 - 23 September 2022 di Hotel Golden Tulip Essential, Tangerang - Banten. Selama 5 hari, Defi Marlitra akan mengikuti bimtek ini bersama 95 kepala sekolah berprestasi nasional di Indonesia.


Bukan itu saja, SMPN 1 Payakumbuh juga meraih penghargaan dan tabanas di ajang Inovasi Pendidikan Indonesia (IPA) tahun 2022 yang digelar Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.


Saat diwawancarai, Kepala SMPN 1 Payakumbuh defi Marlitra, Jumat (23/09/2023) siang membenarkan kabar sukses tersebut.


"Alhamdulillahi robbal 'alamiin. SMPN 1 Payakumbuh satu-satunya SMP negeri di Sumbar yang memdapat BOS Kinerja Prestasi. Hanya ada 7 sekolah di Sumbar. Di Payakumbuh ada SMAN 2 Payakumbuh, satu lagi. Rewar ini berkah bagi Payakumbuh Sumatera Barat. Rewar ini dinilai pemerintah pusat dari prestasi tingkat nasional yang diraih sekolah,"terang Defi Marlitra sembari memperagakan surat dari Kemendikbudristek RI.


"Selanjutnya," ulas Defi Marlitra. "SMPN 1 Payakumbuh yang sudah menerapkan kurikulum merdeka, di tahun 2022 ini juga meraih prestasi, keberhasilan kita yang tak kalah pentingnya. Yaitu, meraih Akreditasi dengan prediket Aplus dari BAN RI. Sesuai surat dari Ketua BAN Sekolah/Madrasah bernomor 1263/BAN-SM/SK/2022 Tanggal 13 September 2022 tentang penetapan akreditasi. Akreditasi SMPN 1 Payakumbuh naik dari 90 ke 95. Tertinggi di tingkat smp. Ini tidak terlepas dari binaan Walikota Payakumbuh melalui OPD terkait, kerja sama semua stakeholder terutama guru orang tua dan komite,"beber Defi memperagakan surat resmi dari Ketua BAN.


Sedang yang terbaru adalah, SMPN 1 Payakumbuh metaih Juara 1 di ajang Inovasi Pendidikan Award. Alhamdulillah, sebuah nikmat yang patut kita syukuri, pertahankan dan ditingkatkan. Harapan kita kebersamaan ini selalu dijaga. Bahkan ditingkatkan untuk masa-masa yang akan datang,"simpul Defi Marlitra.


Sementara, Ketua Komite SMPN 1 Payakumbuh, Hendra Yani saat dikomfirmasi ikut merasakan kebahagian atas prestasi yang diraih beruntun di Bulan September 2022 oleh SMPN 1 Payakumbuh.


Alhamdulillah, selamat dan bersyukur kita semua. Kerja keras dan ketulusan, keikhlasan dan soliditas seluruh elemen dan instrumen SMPN 1 Payakumbuh kaya prestasi. Dalam mewujudkan sekolah berkualitas sudah terbukti dengan tetap menepatkan Akreditasi A dengan penilaian tertinggi khususnya di kota Payakumbuh. Filosofi 'Usaha tidak mendustai hasil', bukti nyata. Apresiasi buat Pak Kepsek Defi Melitra yang sudah memimpin SMPN 1 Payakumbuh dengan prestasi yang membuat kita semua bangga. Dan bersyukur juga bahwa SMPN1 Payakumbuh mewakili ke tingkat Internasional (Asia). Semoga Allah SWT selalu meridhoi kita semua,"apresiasi Hendra Yani


"Dan, Alhamdulillah. Jumat berkah yang kita terima bersama. Inovasi Pendidikan Award (terobosan baru dalam dunia pendidikan) juga kita raih. Selamat untuk kepala sekolah beserta jajaran yang sudah berjuang selama ini. Dan memang layak mendapatkan Peringkat 1. Semoga sekolah kita selalu menjadi terbaik dan makin baik kedepannya,"ungkap bangga Hendra Yani mewakili komite sekolah.


Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril juga turut bangga dan mengapresiasi prestasi SMPN 1 Payakumbuh. 


"IPA (Inovasi Pendidikan Award) adalah bagian program Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh untuk memotivasi dan memberikan penghargaan berupa piagam dan dana kepada sekolah yang berinovasi setiap tahun, dan melaporkan inovasinya secara tertulis disertai dokumen bukti fisik dan untuk jenjang SMP tahun 2021-2022. SMPN 1 Payakumbuh Pemenang IPA tersebut. Selamat, dan mari ditingkatkan,"ungkap Dasril terkait IPA 2022.


Kesempatan itu, terkait BOS Kinerja Prestasi, Dasril pun menerangkan secara singkat dan padat.


"Bos Kinerja adalah reward dari Kemdikbudristek RI bagi sekolah yang siswa dan atau gurunya berprestasi sampai ke tingkat nasional. Dan SMPN 1 Payakumbuh tahun 2021 dan 2022 selalu meloloskan siswanya menjuarai Sumatera Barat dalam berbagai bidang, dan melaju ke tingkat nasional. Selamat dan sukses buat Kepsek dan semua keluarga besar SMPN 1 Payakumbuh. Selamat juga atas perolehan Akreditasi Prediket APlus. Tingkatkan selalu prestasi dan soliditas, demi Payakumbuh yang kita cintai,"ujar Dasril, akhiri.(ul)