Warga Padang Panjang Mulai Terima BLT BBM -->

Iklan Atas

Warga Padang Panjang Mulai Terima BLT BBM

Sabtu, 10 September 2022
Salah seorang penerima BLT BBM di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajaraumbar.com - Mulai Jumat 9 September warga Kota Padang Panjang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).


Bantuan disalurkan untuk warga Padang Panjang Barat dan Sabtu (10/9) untuk warga Padang Panjang Timur. 


Bantuan ini disebut sebagai langkah strategis untuk memulihkan ekonomi pascakenaikan harga BBM.


“Alokasi penerima BLT BBM akan disalurkan untuk 1.694 keluarga penerima manfaat (KPM),” kata Osman Bin Nur, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA).


Program BLT BBM ini pengalihan subsidi BBM kepada masyarakat terdampak khususnya bagi masyarakat miskin dan rentan miskin (penerima Program Sembako/PKH). 


Menurut Osman, untuk mekanisme penyalurannya langsung disalurkan PT Pos Indonesia. Pelaksanaan penyalurannya dilaksanakan dua tahap, yaitu tahap I (September dan Oktober) dan tahap II (November dan Desember) dengan nilai BLT BBM sebesar Rp150 ribu/KPM/bulan.


“Penyaluran ini dilaksanakan bertahap agar memenuhi 4T (tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat administrasi),” ungkapnya.


BLT BBM ini diberikan serentak dengan penyaluran Program Sembako periode September. Total nilai yang akan diterima KPM Rp500.000/KPM.


 Eksekutif Manager Pos Indonesia, Puti Kumala Dewi menyampaikan, pihaknya menyalurkan bantuan saat ini dengan mengatur jadwal selama dua hari. 


"Kami sudah membuat jadwal untuk setiap warga kelurahan yang akan menerima. Jamnya sudah kami atur. Bagi penerima wajib membawa KTP asli dan jika diwakilkan bawa KK asli," pungkasnya. (syam)