Warga Palupuah Ikuti Sosialisasi Germas dari Kemenkes RI -->

Warga Palupuah Ikuti Sosialisasi Germas dari Kemenkes RI

Selasa, 13 September 2022
.


Agam - Pemerintah Kabupaten Agam telah melakukan berbagai upaya untuk mensukseskan program prioritas Pemerintah Pusat, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), khususnya dalam menekan angka stunting.


Hal ini disampaikan Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM saat membuka kegiatan sosialisasi Germas yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Komisi IX DPR RI, di Kantor Camat Palupuah, Selasa (13/9).


“Germas merupakan usaha bersama untuk mewujudkan perilaku hidup sehat,” ujarnya.


Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan Germas di tengah masyarakat, khususnya dalam upaya menekan angka stunting, tidak terlepas dari peran serta dukungan dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Pusat, Daerah, organisasi profesi, kemasyarakatan, serta sektor swasta.


“Alhamdulillah, pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Agam sudah mampu menekan angka stunting menjadi 8.06 persen,” jelasnya.


Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IX, Ade Rezki Pratama mengatakan, sejak pandemi Covid-19, masalah stunting menjadi perhatian besar oleh Pemerintah Pusat.


“Karena Covid-19 sangat berdampak terhadap segala sektor kehidupan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, yang nantinya akan menjadi acaman bagi generasi masa depan,” ujarnya.


Dikatakan, stunting tidak timbul begitu saja, ada beberapa faktor yang mempengaruhi, dan proses yang di lalui, diantaranya adalah kekurangan gizi dan lain sebagainya.


“Oleh sebab itu, permasalahan ini menjadi PR kita bersama, agar persoalan ini bisa segera selesai,” harapanya.


Ia berharap, kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran dan kemauan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup.


Kegiatan sosialisasi Germas ini diikuti sebanyak 200 orang peserta yang berasal dari beberapa Nagari yang ada di Kecamatan Palupuah.(yanto)