18 Kelompok Tani di Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan -->

18 Kelompok Tani di Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan

Kamis, 27 Oktober 2022

Anggota DPRD Provinsi Sumbar Arkadius Dt Intan Bano menyerahkan Alsintan kepada kelompok tani penerima bantuan, di halaman Dinas Pertanian Tanah Datar, Kamis (27/10) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebanyak 18 Kelompok Tani di Tanah Datar menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), yang berasal dari dana Pokir Anggota DPRD Provinsi Sumbar Ir. H. Arkadius Dt Intan Bano, MM. MBA, yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pertanian Tanah Datar, Kamis (27/10/22). 


Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar yang diwakili Penyuluh Pertanian Tanah Datar Rumsyah SP menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bapak Arkadius Anggota DPRD Sumbar, atas bantuan yang telah disalurkan tersebut. 


"Terima kasih sebanyak-banyak kepada Bapak Arkadius, atas penyaluran bantuan tersebut. Seluruh bantuan ini untuk membantu meningkatkan hasil produksi pertanian, menekan biaya usaha tani. Alsintan ini betul-betul bermanfaat dan masyarakat sangat terbantu," katanya. 


Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano menjelaskan, dalam penyerahan bantuan tersebut, terdapat 18 Alsintan yang diserahkan untuk 18 kelompok tani asal Tanah Datar. 


"Kami untuk Tanah Datar ada beberapa sarana prasarana pertanian yang kami berikan, diantaranya Alsintan Traktor untuk 9 kelompok tani, kemudian Cultivator untuk 6 kelompok tani dan 3 Handsprayer," terang Arkadius, yang akan maju caleg DPR RI tahun 2024.


Arkadius berpesan, kepada kelompok tani penerima bantuan, untuk memanfaatkan dan menjaga bantuan yang telah diberikan tersebut. "Gunakanlah sarana prasarana dengan baik, ini adalah milik kelompok bukan ketua kelompok semata. Laksanakan pemeliharan, kalau rusak segera hubungi jasa servis keliling, untuk servis itu gratis," kata anggota DPRD Sumbar tiga periode asal Tanah Datar itu. 


Hal senada juga disampaikan, perwakilan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Suhermen SP. Ia mengingatkan semua penerima bantuan tentang kepemilikan Alsintan tersebut. 


"Sasaran bantuan bukan hanya untuk ketua, semua Alsintan adalah hak untuk seluruh anggota kelompok. Untuk itu, setelah alat ini diterima ketua kelompok, agar menyampaikan kepada seluruh anggotanya," kata Suhermen. 


Acara ini turut dihadiri, Anggota DPRD Tanah Datar Dra. Donna, Wali Nagari Baringin, Kepala Jorong Bukik Gombak, para kelompok tani dan undangan lainnya.(F12)