5 Ribu Bibit Sawit Berkualitas Dibagikan Petani Pessel -->

5 Ribu Bibit Sawit Berkualitas Dibagikan Petani Pessel

Sabtu, 08 Oktober 2022
.


Pessel - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membagikan lebih dari 5 ribu bibit sawit berlogo biru guna meningkatkan harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit kebun swadaya.


Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Madrianto mengungkapkan saat ini masih banyak kebun perkebunan swadaya yang menggunakan bibit kurang berkualitas sehingga harga jual TBS yang dihasilkannya pun turut rendah.


"Jadi, ini bentuk kepedulian pemerintah kabupaten untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat petani, khususnya di sub-sektor perkebunan," ungkapnya di Painan.


Sesuai rencana bibit bakal dibagikan pada masyarakat yang tersebar di 10 kecamatan penghasil sawit di Pesisir Selatan antara lain di Kecamatan Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir.


Kemudian juga untuk masyarakat pekebun di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Airpura, Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan, Ranah Ampek, Kecamatan Lunang dan Kecamatan Silaut.


Ia melanjutkan dengan bagusnya hasil panen, otomatis pendapatan petani kelapa sawit swadaya juga bakal meningkat yang pada akhirnya turut meningkatkan taraf kesejahterannya.


Selama ini alasan perusahaan kelapa sawit mematok rendah harga TBS dari kebun yang dikelola adalah minimnya kualitas bibit, sehingga berdampak pada hasil panen atau rendemen.


"Nah, ke depan tidak adalagi alasan pihak perusahaan terkait kualitas bibit. Secara bertahap kita akan terus perbaiki kualitas bibit kebun petani kita," tuturnya.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) total luas perkebunan sawit di Pesisir Selatan pada 2021 tercatat lebih dari 41 ribu Hektare, dengan produksi 83 ribu ton lebih. (wandi)