5 Rumah di Wonosobo Rusak Tertimpa Longsor Talud Perumahan -->

5 Rumah di Wonosobo Rusak Tertimpa Longsor Talud Perumahan

Selasa, 11 Oktober 2022

 

Salah satu rumah di Wonosobo yang rusak akibat tertimpa talud perumahan yang longsor, Selasa (11/10/2022).


WONOSOBO – Sebanyak lima rumah di Kabupaten Wonosobo rusak parah tertimpa longsor sebuah talud untuk pembangunan perumahan. Akibatnya warga harus mengungsi dan longsor mengancam sepuluh rumah lainnya. 


Longsor terjadi ketika senderan untuk perumahan yang kondisinya masih baru, ambrol dan menimpa lima rumah di bawahnya. Longsor terjadi di Kampung Rowopeni, Kalianget, Wonosobo, Selasa (11/10/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


“Kami menduga longsor terjadi karena senderan tidak kuat menahan air hujan yang mengguyur dua hari terakhir,” kata ketua RW setempat, Edi Nurwanto.


Senderan dengan panjang sekitar 50 meter dan tinggi 3 meter, roboh dan mengenai rumah warga. Sebanyak empat rumah kondisinya cukup parah dan tidak bisa dihuni. Sedangkan satu rumah lainnya rusak ringan. 


Akibat kejadian ini, empat kepala keluarga (KK) mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat. Untungnya, tidak ada korban dalam kejadian ini. 


Longsor juga mengancam sepuluh rumah lainnya di kawasan tersebut. Longsor susulan kemungkinan bisa saja terjadi mengingat hujan dengan intensitas tinggi masih terus terjadi di Wonosobo. 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wonosobo Endang Lisdyaningsih berjanji akan mengkaji topografi tempat untuk perumahan tersebut.(*)