6 Alutsista Canggih Buatan RI yang Laris di Luar Negeri, Ada yang Masuk Kategori Senjata Terbaik -->

6 Alutsista Canggih Buatan RI yang Laris di Luar Negeri, Ada yang Masuk Kategori Senjata Terbaik

Kamis, 06 Oktober 2022
Alutsista Canggih Buatan RI yang Laris di Luar Negeri, Pesawat CN235-220.


Jakarta - Deretan alutsista canggih buatan RI yang laris di luar negeri ini sangat membanggakan. Senjata-senjata buatan Indonesia tersebut dinilai memiliki akurasi serta ketahanan yang baik di medan pertempuran sehingga banyak diminati negara-negara asing. 



Hal ini membuktikan bahwa Indonesia pada dasarnya mampu memproduksi alutsista canggih yang diakui oleh negara lain. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa alutsista canggih buatan RI yang laris di luar negeri,sebagaimana dikutip iNews.id.


Alutsista Canggih Buatan RI yang Laris di Luar Negeri 


1. Pesawat CN235-220 


Melansir laman Sekretariat Kabinet RI, PT dirgantara Indonesia berhasil mengekspor satu unit pesawat terbang CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) untuk Angkatan Udara Senegal pada tahun 2021 lalu. Ini menjadi kali katiga pesawat buatan RI ini dibeli oleh Senegal. 


Pesawat CN235-220 MPA sendiri memiliki beberapa keunggulan tersendiri hingga mampu memikat negara Afrika Barat itu. Antara lain, mampu lepas landas dengan jarak yang pendek dengan kondisi landasan yang belum beraspal dan berumput.



Pesawat ini juga mampu terbang selama delapan jam dengan sistem avionik glass cockpit, autopilot, dan adanya winglet di ujung sayap agar lebih stabil dan irit bahan bakar.


2. Panser Anoa 6X6 


Panser Anoa 6x6 buatan PT Pindad menjadi salah satu alutsista paling laris di luar negeri. Tercatat, sejumlah negara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam pernah memesan alutsista yang satu ini. 


Pesawat CN235-220 MPA ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain dapat lepas landas dengan jarak yang pendek dengan kondisi landasan yang belum beraspal dan berumput, mampu terbang selama delapan jam dengan sistem avionik glass cockpit, autopilot, dan adanya winglet di ujung sayap agar lebih stabil dan irit bahan bakar. Selain itu, kendaraan lapis baja yang satu ini juga telah digunakan pasukan penjaga perdamaian PBB dalam berbagai misi di daerah konflik.


Kendaraan tempur buatan anak bangsa ini juga sudah mengantongi sertifikasi standar internasional NATO Stanag Level 3. Artinya, Panser Anoa 6x6 ini terbukti memiliki kemampuan menahan serangan peluru kinetis.


3. Medium Tank Harimau 


Satu lagi produk buatan PT Pindad yang mendunia, yakni Medium Tank Harimau.



Pada periode 2020-2023, tank ini bahkan telah dipesan sebanyak 18 unit dengan nilai transaksi senilai 135 juta dollar AS.


4. Tank Boat Antasena Tank Boat Antasena 


menjadi salah satu senjata andalan TNI AL atau marinir dalam pertempuran. Kapal tank boat canggih ini dibuat di Banyuwangi dan merupakan hasil kerjasama PT Pindad dengan PT Lundin Industry Invest. Dilengkapi dua mesin utama baling-baling masing-masing 1.200 daya kuda dan memiliki dua mesin waterjet MJP450. Persenjataan Antasena dilengkapi senapan RCWS kanon kaliber 30 mm, dan dua senapan mesin kaliber 12,7 mm. 


Memiliki bobot yang ringan membuat kendaraan militer ini dapat bergerak dengan cepat serta mampu menghancurkan musuh dari jarak 5 kilometer. Mantan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengungkapkan bahwa tank boat Antasena ini sudah dilirik negara lain, salah satunya adalah Rusia. 



5. Senapan Serbu SS-2 


Senapan SS-2 ini memiliki akurasi dan tingkat stabil yang mumpuni. Di dalam negeri, lebih dari 25 ribu unit senjata ini telah digunakan oleh pasukan TNI. Senjata ini juga telah memasuki pasar Asia Tenggara dan Asia Tengah. Mengutip laman PT Pindad, terdapat 10 varian dari senjata laras panjang seri SS-2 ini, yaitu: 

1. SS2-V2 A1 

2. SS2-V5 A1 

3. SS2-V7 Subsonic 

4. SS2-V5 Kal. 5.56 mm 

5. SS2-V4 HB Kal. 5.56 mm 

6. SS2-V2 Kal. 5.56 mm 

7. SS2-V1 kal. 5.56 mm 

8. SS2-V4 Kal. 5.56 mm 

9. SS2-V1 HB Kal. 5.56 mm 

10. SS2-V2 HB Kal. 5.56 mm


6. SPR-2 Kal. 12.7 mm 


Senjata penembak runduk (sniper) SPR-2 merupakan jenis senapan anti material yang menjadi salah satu produk senjata buatan PT Pindad yang telah mendunia. Senjata ini menggunakan peluru dengan kaliber 12,7 x 99 mm dan mampu menembak target dari jarak 2 kilometer dengan akurasi yang sangat baik. 


Tak heran jika senjata ini banyak diminati oleh negara Timur Tengah. SPR-2 bahkan pernah masuk dalam kategori senjata terbaik saat eksibisi uji senjata di Yordania. 


Selain itu, senjata ini juga dianggap sepadan atau mengungguli produk senapan anti material lain yang biasa digunakan pasukan elit dunia, seperti Black Arrow, Hecate II, NTW-20 atau Truvelo. Nah, itulah deretan alutsista canggih buatan RI yang laris di luar negeri ini.(*)